Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual terhadap Kinerja Perawat dengan Organizational Citizenship Behaviour sebagai Variabel Intervening

  • Nur Aziza
  • Lussia Mariesti Andriany Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Keywords: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, organizational citizenship behaviour, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja perawat dengan organiational citizenship behaviour (OCB) sebagai variabel intervening pada RSUD Dr R Soedarsono Kota Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di RSUD Dr R Soedarsono Pasuruan dan teknik sampling yang digunakan adalah, simple random sampling sejumlah 57 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tidak ada pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap OCB; 2) Ada pengaruh langsung kecerdasan spiritual terhadap organizational citizenship behaviour OCB; 3) Ada pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja; 4) Ada pengaruh langsung kecerdasan spiritual terhadap kinerja; 5) Tidak ada pengaruh langsung OCB terhadap kinerja; 6) tidak ada pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja melalui OCB; 7) tidak ada pengaruh tidak langsung kecerdasan spiritual terhadap kinerja melalui OCB.

References

Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence. PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence (T. Hermaya (ed.); 19th ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Jamal, S. F. (2016). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Islam Syarif Hidayatullah.

Kaori, R. M. K. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Pelayanan Melalui Organizational Citizenship Behavior (OCB). Universitas Jember.

Mangkunegara, A. P. (2010). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya.

Meidah, E. (2013). Pengaruh Konflik Peran Ganda, Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Perawat Wanita. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Revisi). Raja Grafindo Persada.

Organ, D. W., Podsakof, P. M., & Mackenzie, S. B. (2006). Organizational Citizenship Behavior: Its Nature Antecedents and Consequences (Second). SAGE Publications, Inc.

Rosdaranita, A. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Satrigaha, N. M. R. P. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Udayana.

Tribuwono, C. (2015). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) pada Kinerja Karyawan.

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). Kecerdasan Spiritual (R. Astuti, A. Nadjib, & A. Baiquni (eds.)). PT Mizan Pustaka.
Published
2021-01-17
How to Cite
Aziza, N., & Andriany, L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual terhadap Kinerja Perawat dengan Organizational Citizenship Behaviour sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 1(01), 50-65. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpro/article/view/344
Section
Articles