PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANAK PANAH KOPI TEMBALANG

Authors

  • Dwiki Setyo Nugroho Universitas Stikubank Semarang
  • Kristina Anindita Hayuningtias Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v6i3.2754

Keywords:

price perception , product quality, promotion, purchasing decisions

Abstract

This study explores the extent to which price perception, product quality, and promotional efforts influence consumer purchasing decisions at Anak Panah Kopi Tembalang. A total of 100 visitors of the coffee shop were recruited based on specific criteria through purposive sampling. The collected data were analyzed using a multiple linear regression method to examine the influence of each independent variable. The results indicate that price perception and promotion significantly and positively affect consumer purchasing decisions, while product quality does not show a significant effect. Among the three factors, promotion was found to have the strongest influence. These results highlight the importance of implementing effective promotional strategies to encourage consumer purchases and enhance business sustainability in an increasingly competitive environment.

References

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Artha Fahira, Y., Hendratmoko, S., & Widuri, T. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Layanan, Persepsi

Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mata Hati Cafe Kediri. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 150–161. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i3.58

Bambang Permadi, M. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 4(2), 4003–4014. http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/MANAGER

Clarita, N., & Khalid, J. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Cfc Grande Karawaci. Jurnal Manajemen, 37–53.

Ekowati, S., & Finthariasari, M. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Eleven Café Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 1(1), 108–124.

Hakim, M. A., & Suprihhadi, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Jokopi Cabang Dinoyo Surabaya. JIRM, 11(9).

Hidayani, N. S. Al, & Mahargiono, P. B. (2025). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kualitas Pelayanan Pada Kopi Kenangan Ruko Ngagel Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 14(2).

Hidayat, M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Di Kota Gresik. Performa, 6(4), 360–369. https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2558

Mariansyah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 107–116.

Oktrichaendy, F. O., Pradhanawati, A., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Lost In Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 452–460. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34971

Putra, J. C., & Talumantak, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga Dan Citra Kenangan Kota Kasablanka. Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 26–39.

Rosady, R. (2004). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Banaran 9 Coffee and Tea di Gemawang, Kabupaten Semarang). Jbe, 26(2), 146–154. https://www.unisbank.ac.id/ojs;

Utami, P., & Paludi, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembeliandi Yoshinoya. Jurnal Human Capital Development, 11(3).

Wowor, L. T., Kindangen, P., & Worang, F. G. (2017). Analisis Pengaruh Strategi Harga, Kualitas Produk, Dan Suasana Terharap Keputusan Pembelian Pad Rumah Kopi Billy Megamas Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 4115–4124.

Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(c), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772

Downloads

Published

26-12-2025

How to Cite

Nugroho, D. S., & Hayuningtias, K. A. (2025). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANAK PANAH KOPI TEMBALANG. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(3), 115–126. https://doi.org/10.32815/jpro.v6i3.2754

Issue

Section

Articles