ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( Studi Kasus Pada Chatime Queen City Mall Semarang)

Authors

  • Herlandio Sianturi Universitas AKI
  • Harries Arizonia Ismail Universitas AKI

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2729

Keywords:

Citra merek, Kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan Chatime di Queen City Mall Semarang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang telah melakukan pembelian produk Chatime. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu citra merek, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel harga memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan pelanggan, diikuti oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan citra merek. Secara keseluruhan, variabel-variabel ini menjelaskan 65% dari variasi kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan terbukti sebagai salah satu faktor yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis, variabel kualitas pelayanan memiliki koefisien regresi sebesar 0,191 dengan nilai signifikansi 0,012, menunjukkan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Aspek pelayanan yang paling berpengaruh adalah empati dari staf Chatime, di mana 52% responden setuju bahwa staf memahami dan menanggapi kebutuhan pribadi mereka. Ini menegaskan bahwa kualitas interaksi personal antara staf dan pelanggan dapat meningkatkan pengalaman positif dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan

References

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020b). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Resto Oto Bento. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2

Christono, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics and Business UBS, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13

Oktarini, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek Di Kota Tangerang. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2), 248. https://doi.org/10.32493/skr.v6i2.5541

Putra, P. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Mie Sedaap. Jurnal Kewirausahaan, 8(1), 72.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Tyas Kurniawati* , Bambang Irawan, A. P. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember ( Analysis of The Influence of Service Quality , Price , and Brand Image on Customer Satisfaction of Pizza Hut Restaurant Jember Bra. VI(2011), 147–151.

Downloads

Published

25-08-2025

How to Cite

Sianturi, H., & Ismail, H. A. (2025). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( Studi Kasus Pada Chatime Queen City Mall Semarang). Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(2), 187–196. https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2729

Issue

Section

Articles