PENGARUH INOVASI PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UMKM KULINER (STUDI PADA MISS MOJITO)
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2580Keywords:
inovasi produk, kepuasan pelanggan, Miss Mojito, pemasaran digital, UMKM kulinerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak inovasi produk dan penerapan strategi pemasaran digital terhadap tingkat kepuasan pelanggan UMKM di sektor kuliner, dengan studi kasus pada Miss Mojito di Bandar Lampung. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 65 pelanggan. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil studi mengungkapkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan strategi pemasaran digital tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Secara keseluruhan, inovasi produk dan strategi pemasaran digital memengaruhi kepuasan pelanggan, dengan inovasi produk menjadi faktor utama. Penelitian ini menawarkan pandangan strategis bagi UMKM kuliner untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui inovasi produk dan penerapan strategi pemasaran digital yang tepat
References
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Kepuasan Pelanggan: Evaluasi Pengalaman Menggunakan Produk. Jurnal Manajemen.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications
Durriyah, A. K., & Andarini, S. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Kopi Kenangan The Avenue Merr Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 693-705.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK HERBALIFE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253-274. doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Ramanda Fichan, M. ., & Tiara Narundana, V. . (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keamanan, Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Ojek Online di Bandar Lampung. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 635–644. doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.328
Ryan, D., & Jones, C. (2016). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Kogan Page Publishers.
Setiawan, D., & Irawati, Z. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(3), 657-663. doi.org/10.37034/infeb.v5i3.517
Sihombing, N. S., Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). Pemasaran Digital. Penerbit Widina.
Sudari, S. A., Tarofder, A. K., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the critical effect of marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction in food and beverage products. Management Science Letters, 9(9), 1385-1396.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.
Warganegara, T. L. P., & Ardila, K. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner di Kota Bandar Lampung. Jurnal EMT KITA, 7(3), 647–653.doi.org/10.35870/emt.v7i3.1175
Widya, A., Wardhani, M. F., Sedayu, A., & Sartika, M. (2024). Pengaruh Harga, Inovasi Produk, dan Pemasaran Digital Terhadap Kepuasan Konsumen Fore Coffee di Kota Semarang . Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 14865–14883. doi.org/10.31004/innovative.v4i3.1159
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kevin Alexander Budianto, Defrizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the article belongs to the author without any restrictions.



