PENGARUH INOVASI PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UMKM KULINER (STUDI PADA MISS MOJITO)

Authors

  • Kevin Alexander Budianto Universitas Bandar Lampung
  • Defrizal Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2580

Keywords:

inovasi produk, kepuasan pelanggan, Miss Mojito, pemasaran digital, UMKM kuliner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak inovasi produk dan penerapan strategi pemasaran digital terhadap tingkat kepuasan pelanggan UMKM di sektor kuliner, dengan studi kasus pada Miss Mojito di Bandar Lampung. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 65 pelanggan. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil studi mengungkapkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan strategi pemasaran digital tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Secara keseluruhan, inovasi produk dan strategi pemasaran digital memengaruhi kepuasan pelanggan, dengan inovasi produk menjadi faktor utama. Penelitian ini menawarkan pandangan strategis bagi UMKM kuliner untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui inovasi produk dan penerapan strategi pemasaran digital yang tepat

References

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Kepuasan Pelanggan: Evaluasi Pengalaman Menggunakan Produk. Jurnal Manajemen.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications

Durriyah, A. K., & Andarini, S. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Kopi Kenangan The Avenue Merr Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 693-705.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.

Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK HERBALIFE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253-274. doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Ramanda Fichan, M. ., & Tiara Narundana, V. . (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keamanan, Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Ojek Online di Bandar Lampung. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 635–644. doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.328

Ryan, D., & Jones, C. (2016). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Kogan Page Publishers.

Setiawan, D., & Irawati, Z. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(3), 657-663. doi.org/10.37034/infeb.v5i3.517

Sihombing, N. S., Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). Pemasaran Digital. Penerbit Widina.

Sudari, S. A., Tarofder, A. K., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the critical effect of marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction in food and beverage products. Management Science Letters, 9(9), 1385-1396.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Warganegara, T. L. P., & Ardila, K. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner di Kota Bandar Lampung. Jurnal EMT KITA, 7(3), 647–653.doi.org/10.35870/emt.v7i3.1175

Widya, A., Wardhani, M. F., Sedayu, A., & Sartika, M. (2024). Pengaruh Harga, Inovasi Produk, dan Pemasaran Digital Terhadap Kepuasan Konsumen Fore Coffee di Kota Semarang . Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 14865–14883. doi.org/10.31004/innovative.v4i3.1159

Downloads

Published

25-08-2025

How to Cite

Budianto, K. A., & Defrizal, D. (2025). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UMKM KULINER (STUDI PADA MISS MOJITO). Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2580

Issue

Section

Articles