PENGARUH SELF-ORDER KIOSK DAN QRIS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS MCDONALD’S BANDAR LAMPUNG)

Authors

  • Jefry Wijaya Universitas Bandar Lampung
  • Vonny Tiara Narundana Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2558

Keywords:

Self-Order Kiosk, QRIS, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Salah satu restoran cepat saji yang popular di Indonesia adalah McDonald’s. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis dampak dari Self-Order Kiosk dan QRIS terhadap tingkat Kepuasan Pelanggan di restoran McDonald’sBandar Lampung secara parsial dan simultan.Sebanyak 140 partisipan berkontribusi dalam penelitian ini, yang dipilih dengan menggunakan rumus Hair serta metode Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam temuan ini mencakup pengujian validitas, pengujian reliabilitas, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis (yang meliputi Uji T dan Uji F), serta pengujian koefisien determinasi. Hasil penelitian menyatakan Self-Order Kiosk dan QRIS mempengaruhi secara positif pada Kepuasan Pelanggan baik secara parsial dan simultan

References

Ahdiat, Adi. 2024. “Jumlah Konsumen Pengguna QRIS Sampai Semester I 2024.” A. Ahdiat. https://databoks.katadata.co.id/ekonomi-makro/statistik/6710f6415d7ff/jumlah-konsumen-pengguna-qris-sampai-semester-i-2024 (October 17, 2024).

Arsih, Yayuk, Adhadi Praja, Sandi Perdian, Sugeng Santoso, and R. Nurhidajat. 2022. “Penerapan Teknologi Self-Service Dalam Meningkatkan Customer Satisfaction Pada Usaha Ritel Food and Beverage.” Jurnal Administrasi Profesional 3(2): 11–24. doi:10.32722/jap.v3i2.5125.

Cindy Mutia Annur. 2023. “Inilah Restoran Cepat Saji Yang Memberikan Pelayanan Terbaik Menurut Warga Indonesia.” Cindy Mutia Annur. https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/11c08702b60ff63/inilah-restoran-cepat-saji-yang-memberikan-pelayanan-terbaik-menurut-warga-indonesia (November 17, 2024).

Desanuari, Gita Fitri, and Regi Ludtriani. 2022. “Pengaruh Self Service Technology Terhadap Pengembangan Usaha Dan Kepuasan Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Model Bisnis Restoran.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(4): 268–73.

Dianti, Yira. 2017. “QRIS Indonesia, Pengertian, Manfaat.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 4(1): 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.

Hakim, M. Ferlin Aziz, Ardansyah, and Hepiana Patmarina. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Pelanggan Kapal Mutiara Berkah 1.” Jurnal EMT KITA 7(3): 688–95. doi:10.35870/emt.v7i3.1188.

Nainggolan, Euricho Guterres Mindo, Bonardo T F Silalahi, and Ertitin M Sinaga. 2022. “Analisis Kepuasan Gen Z Dalam Menggunakan QRIS Di Kota Pematangsiantar.” Manajemen : Jurnal Ekonomi 4(1): 24–32. doi:10.36985/manajemen.v4i1.351.

Puspitasari, Devi, and Bina Andri Nurmaning. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” AKSIOMA : Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi 1(8): 461–72. doi:10.62335/dm8jbf14.

Ramadhani, Vania Winda, and Arman Arman. 2023. “Pengaruh Daftar Menu Sistem Barcode Dan Pembayaran Qris Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffee Toffee Airlangga.” Journal of Management and Bussines (JOMB) 5(2): 1371–80. doi:10.31539/jomb.v5i2.6914.

Ramanda Fichan, M., and Vonny Tiara Narundana. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keamanan, Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Ojek Online Di Bandar Lampung.” SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi 1(3): 635–44. doi:10.54443/sinomika.v1i3.328.

Safitri, Salsa Adis. 2024. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Self Ordering Kiosk Dengan Sikap Pengunaan Sebagai Variabel Intervening (Pada Pelanggan Restoran Cepat Saji).” 1192: 304–17.

Sanusi, Felicia, and Hanjaya Siaputra. 2022. “Pengaruh Penggunaan Self Ordering Kiosk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Konsumen Di McDonald’s Pada Era New Normal.” Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa.

Sartika, Putri Surya. 2022. “Implementasi Aplikasi QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Aceh (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Daud Beureueh 1) Disusun.” 9: 356–63.

Stanley, Berthania, Yudha Pratama, and Agung Gita Subakti. 2023. “The Impact of Self-Order Kiosk and Service Quality on Customer Experience in McDonald’s Citra Garden 6 Jakarta.” E3S Web of Conferences 426. doi:10.1051/e3sconf/202342602073.

Teressa, Benedicta, Jovita Intan Lukito, Adriana Aprilia, and Fransisca Andreani. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Wizz Drive Thru Gelato Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 18(1): 1–14. doi:10.9744/pemasaran.18.1.1-14.

Yudhistira Indrawan, Ignatius. 2020. “Rancang Bangun Sistem Self-Service Document Printing Kiosk Berbasis Web Dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: Biro Informasi Akademik Universitas Multimedia Nusantara).” : 7–13.

Downloads

Published

25-08-2025

How to Cite

Wijaya, J., & Narundana, V. T. (2025). PENGARUH SELF-ORDER KIOSK DAN QRIS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS MCDONALD’S BANDAR LAMPUNG). Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(2), 95–106. https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2558

Issue

Section

Articles