GREEN STRATEGY THE BODY SHOP : FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Herlina Rosaline Wijaya Universitas Katolik Musi Charitas
  • Vanesa Chandra UniversitasKatolik Musi Charitas,Indonesia
  • Happy UniversitasKatolik Musi Charitas,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2494

Keywords:

Produk Hijau, Citra Merek Hijau, Keputusan Pembelian, Pemasaran Hijau

Abstract

Persoalan sampah yang semakin tinggi dan adanya dampak negatif yang ditimbulkan dari pelaku bisnis terhadap lingkungan ataupun kesehatan manusia membuat perusahaan mulai mengatasi masalah tersebut dengan memperhatikan aspek keberlanjutan. Salah satu perusahaan yang memperhatikan aspek tersebut adalah The Body Shop yang bergerak dibidang kecantikan. Riset ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara variabel green product, green marketing, dan green brand image terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Populasi pada riset ini yaitu konsumen The Body Shop di Kota Palembang. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Hasil penelitian diolah menggunakan program SPSS dengan hasil bahwa variabel green product, green marketing, dan green brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop

References

Ahmad, F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2016). Analisis Green Product & Green Marketing Strategy Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop di Manado Town Square. Jurnal EMBA, 4(1), 33–44.

Arviana, N. D., Baidlowi, I., Hidayat, M. S., & Timur, J. (2024). Pengaruh Strategi Green Marketing , Green Product dan Green Brand terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Ramah Lingkungan (Studi Pada The Body Shop di Mojokerto). Journal of Management and Social Sciences, 3(3), 104–117. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jimas.v3i3.1437

Chen, Y. (2018). The Drivers of Green Brand Equity : Green Brand Image , Green Satisfaction , and Green Trust. Journal of Business Ethics, 93(2), 307–319. https://doi.org/10.1007/sl0551-009-0223-9

Data Bridge Market Research. (2024). The Rise of Natural Cosmetic Ingredients in Response to Growing Demand fo Clean and Sustainable Products. https://www.databridgemarketresearch.com/whitepaper/the-rise-of-natural-cosmetic-ingredients-in-response

Fatharani, N. A. (2023). Pengaruh Green Product , Green Brand Image , dan Green Advertising terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21348–21359.

Fernanda, R. A., Sudirman, R., & Purnomo, T. (2023). Pengaruh green marketing , green trust dan green brand image terhadap keputusan pembelian produk tupperware. Journal of Economics, Business, Management, Accounting and Social Sciences, 1(5), 165–175.

Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang (p. 466).

Hartini, H. (2021). Keputusan Pembelian Produk Aqua Green Marketing Di Sumbawa Besar Dilihat Dari Green Product Dan Green Brand. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.983

Indonesia baik. (2022). Indonesia Darurat Sampah Plastik di Laut. https://indonesiabaik.id/infografis/indonesia-darurat-sampah-plastik-laut

Krishna, A., Osiyo, M., Hatane, P., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2023). Pengaruh green marketing terhadap green brand image dan purchase intention pelanggan pada starbucks coffee malang. Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(3).

Puspasari, L., & Milenia, D. P. (2022). Pengaruh environmental awareness , green product features , green product price , green product promotion terhadap keputusan pembelian. Journal of Economics and Business UBS, 11(2), 98–109.

Rizky Andita, A., & Kusuma Dewi, C. (2016). the Influence of Green Marketing Mix on the Body Shop Product Buying Decision Process (Studies on the Body Shop Users in Bandung). E-Proceeding of Management, 3(1), 715–722.

Septia Rahmawati, A. D., & Soliha, E. (2024). Pengaruh Green Product, Green Advertising Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Unilever Indonesia,Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 493–505. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3702

SIPSN. (2023). Capaian kinerja pengelolaan sampah. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Ulya, S. N., Aqmala, D., & Tengah, P. J. (2024). Pengaruh Green product , Green Price dan Green Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Galon Le Minerale. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi (EMT) KITA, 8(1), 409–420.

Wicaksana, A. S., Jasrin, C. J., & Nugroho, E. S. (2019). Analisis Intensi Pembelian Produk Ramah Lingkungan pada The Body Shop Indonesia. Indonesia Business Review, 02(2), 296–314.

Widodo, S. (2020). Pengaruh green product dan green marketing terhadap keputusan pembelian produk elektronik merk sharp di electronic city cipinang indah mall jakarta timur. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 23–34.

Downloads

Published

25-08-2025

How to Cite

Wijaya, H. R., Chandra, V., & Happy, H. (2025). GREEN STRATEGY THE BODY SHOP : FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN . Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(2), 31–43. https://doi.org/10.32815/jpro.v6i2.2494

Issue

Section

Articles