MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE: PERAN LIVE STREAMING DAN FLASH SALE PADA APLIKASI LAZADA

Authors

  • Nur Azizah Rahayu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lutfi Lutfi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Liza Mumtazah Damarwulan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Live Streaming, Flash Sale, Purchase Decision, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming terhadap keputusan pembelian pengguna Lazada, dengan flash sale sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik asosiatif. Sampel terdiri dari 159 responden pengguna aktif Lazada, dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta terhadap flash sale. Selain itu, flash sale juga memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan terbukti mampu memediasi hubungan antara live streaming dan keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi antara strategi live streaming dan flash sale merupakan pendekatan pemasaran yang efektif dalam mendorong keputusan pembelian konsumen di platform e-commerce.

References

Agrawal, S., & Sareen, S. A. (2016). Flash Sales – The Game Changer In Indian E-Commerce Industry. International Journal Of Advance Research And Innovation, 192-195.

Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati. (2020). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Economic Education And Entrepreneurship Studies, 58-64.

Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Covid-19: The Effect Of Live Streaming Video Promotion And Electronic Word Of Mouth On Buying Purchasing. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Geradus, H., & Andreas. (2021). Pelaksanaan Ibadah Live Streaming Di Masa Pandemi Covid 19 Dan Pengaruhnya Terhadap Kesetiaan Beribadah Jemaat Di Ibadah Umum Gereja Pouk Kemang Pratama, Bekasi. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 76-85.

Huang, Z., & Benyoucef, M. (2013). From E-Commerce To Social Commerce: A Close Look At Design Features. Electronic Commerce Research And Applications, 246–259.

Islami, C. D., & Susanto. (2024). Pengaruh Live Streaming, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Onlineshop. Solusi : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi.

Kotler, & Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. Edisi Keenam. Andi. Yogyakarta.

Lestari, S. R. (2021). Pengaruh Live Streaming, Brand Awareness, Desain Web Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Jakarta Pusat.

Maslucha, L., & Ajizah, N. (2023). Pengaruh Live Streaming Tiktok, Brand Minded, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scincare Scarlett. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi.

Sinaga, S. M., & Rochdianingrum, W. A. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Di Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Tjiptono, F. (2016). Keputusan Pembelian Dan Kepuasa Konsumen . Jakarta: By Permission Of Penerbit Nem.

Wicaksana , A. H., & Nuryanto , I. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Influencer Marketing dan Live Streaming Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen.

Zalfa, K. V., Indayani, L., & Supardi. (2024). Analisis Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Affiliate Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Trend Fashion Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee). Management Studies and Entrepreneurship Journal.

Downloads

Published

23-04-2025

How to Cite

Rahayu, N. A., Lutfi, L., & Damarwulan, L. M. (2025). MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE: PERAN LIVE STREAMING DAN FLASH SALE PADA APLIKASI LAZADA. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(1), 98–110. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpro/article/view/2438