TRUST SEBAGAI INTERVENING: MENELUSURI FAKTOR KEPUTUSAN PENGGUNAAN BRIMO MOBILE BANKING
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan penggunaan aplikasi mobile banking BRImo, dengan kepercayaan (trust) sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 170 responden nasabah Bank Rakyat Indonesia di Kabupaten Brebes. Analisis data dilakukan menggunakan SEM-PLS dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan. Selain itu, persepsi manfaat dan kepercayaan juga berpengaruh langsung terhadap keputusan penggunaan, sementara persepsi kemudahan pengguna tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan tersebut. Temuan ini juga membuktikan bahwa trust memediasi hubungan antara persepsi manfaat dan kemudahan terhadap keputusan penggunaan BRImo.
References
Murdayanti, Y., & Khan, M. N. A. A. (2021). The development of internet financial Murdayanti, Y., & Khan, M. N. A. A. (2021). The development of internet financial reporting publications: A concise of bibliometric analysis. Heliyon, 7(12), e08551. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08551
Sumadi, Haris Romdhoni, A., & Fatakhurohim. (2022). Analisis Faktor Kepercayaan, Manfaat Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat di Boyolali). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2195–2201. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.597
Rosyad, S., & Harsono, M. (2021). Pentingnya Perceived Usefulness Dan Perceived Ease of Use: Dalam Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 5(1), 86–92. https://doi.org/10.22437/jiituj.v5i1.13723
Subagio, D. P. W., Mugiono, M., & Hadiwidjojo, D. (2018). Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Repurchase Usefulness dan Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i1.2067
Wilson, N. (2019). the Impact of Perceived Usefulness and Perceived Ease-of-Use Toward Repurchase Intention in the Indonesian E-Commerce Industry. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 241. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2412
Prathama, F., & Sahetapy, L. (2019). 16. F Pratama. Agora, Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1).https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenbisnis/article/view/8142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fajar Pramudya Wibowo Fajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel melekat peda penulis tanpa batasan.