EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN KEMANDIRIAN DI LAPAS PEREMPUAN TANGERANG MENGGUNAKAN MODEL CIPP

Authors

  • Karisadini Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Keywords:

Evaluasi CIPP, efektivitas, pembinaan kemandirian, CIPP Evaluation Model, Effectiveness, Self-Reliance Development Program

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan berfungsi sebagai institusi rehabilitasi yang menyelenggarakan program pembinaan, termasuk pembinaan kemandirian bagi warga binaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program pembinaan kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Tangerang menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara terhadap pejabat struktural, staf pelaksana, dan warga binaan aktif, serta melalui studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program berjalan cukup efektif, didukung oleh fasilitas memadai dan kolaborasi dengan pihak ketiga. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti penambahan sumber daya manusia, optimalisasi infrastruktur, serta penguatan monitoring jangka panjang. Evaluasi ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam pengembangan kebijakan pembinaan yang lebih adaptif dan berkelanjutan

References

Alfitri, R., Demartoto, A., & Pamungkasari, E. P. (2018). Analisis Konteks dalam CIPP (Context, Input, Process, Product) pada Program Skrining Infeksi Menular Seksual dengan Voluntary Counselling and Testing bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas II A Kota Malang. Jurnal SIKLUS, 7(1), 257–262.

Arviani, C. N., Fatony, A., Aditantyo, A., Valerian, D., Try Widigda, D., & Paladina, K. M. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Hak Warga Binaan Perempuan dalam Mewujudkan Tujuan Pemasyarakatan: Studi Kasus Rumah Tahanan Klas IIA Jakarta Timur. Jurnal Hukum & Pembangunan, 45(3), 3.

Bhakti, Y. B., Tola, B., & Triana, D. D. (2022). AITPO (Antecedent, Input, Product, Outcomes): Mixed Model Evaluasi CIPP dan Countenace sebagai Pendekatan Evaluasi Program Kampus Mengajar. Jurnal Hurriah:Jurnal Evaluasi Pendidikandan Penelitian, 3, 11–24.

Ciptono, W. S., Anggadwita, G., & Indarti, N. (2023). Examining prison entrepreneurship programs, self-efficacy and entrepreneurial resilience as drivers for prisoners’ entrepreneurial intentions. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 29(2), 408–432. https://doi.org/10.1108/IJEBR-06-2022-0550

Cooney, T. M. (2012). Reducing Recidivism through Entrepreneurship Programmes in Prisons. The International Journal of Entrepreneurship and Innovation, 13(2), 125–133. https://doi.org/10.5367/ijei.2012.0074

Ekaputra, H., & Santiago, F. (2020). Pengembangan Kecakapan Hidup Warga Binaan di Dalam Lembaga Pemasyarakatan Melalui Bimbingan Kerja Sebagai Bentuk Pemenuhan Hak Asasi Manusia. Jurnal HAM, 11(3), 431–444. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.1-25

Hakan, K., & Seval, F. (2011). CIPP evaluation model scale: Development, reliability and validity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 592–599. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.146

Harimurti, E., Rugaiyah, & Santoso, B. (2023). Evaluation of the Equality Education Program at LPKA Class II Jakarta. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science, 3(4), 785-805.

Hidayati, N. O., & Sutini, T. (2017). Gambaran Harga Diri Warga Binaan Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan X Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 5(1), 1–7.

Isnanto, S. H., Akbar, M., & Tunas, B. (2020). Deradicalization of Terrorism Prisoner: Evaluation of The Terrorism Client Guidance Program at the Surakarta Correctional Facility. IJHCM (International Journal of Human Capital Management), 4(2), 96–113. https://doi.org/10.21009/ijhcm.04.02.09

Khamdan, M., & Setiawati, R. (2024). Transformasi Lembaga Pemasyarakatan Industri Melalui Penguatan Latihan Kerja dan Kegiatan Produksi Narapidana. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 8(2), 1957–1967. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.21782

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1).

Rakhmadi, E. P., Suyeno, & Sekarsari, R. W. (2023). Evaluasi Kebijakan Pembinaan Narapidana Perempuan (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Kota Malang). Jurnal Respon Publik, 17(12), 46–54.

Rama, A., Ambiyar, A., Rizal, F., Jalinus, N., Waskito, W., & Wulansari, R. E. (2023). Konsep model evaluasi context, input, process dan product (CIPP) di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 82. https://doi.org/10.29210/30032976000

Suryana, D., Husna, A., & Mahyuddin, N. (2023). CIPP Evaluation Model: Analysis of Education Implementation in PAUD Based on Government Policy on Implementation of Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4386–4396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3722

Warju. (2016). Innovation of Vocational Technology Education Educational Program Evaluation using CIPP Model. Innovation of Vocational Technology Education (INVOTEC), 1(7), 36–42.

Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs Introduction and Review of Literature. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4).

Zulinto, A., Hamzah, S., & Hadiwinarto, H. (2021). Evaluation of the fulfillment of educational rights for children in conflict with the law through the filial school program. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(3), 408. https://doi.org/10.29210/020211180

Downloads

Published

23-04-2025

How to Cite

Karisadini. (2025). EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN KEMANDIRIAN DI LAPAS PEREMPUAN TANGERANG MENGGUNAKAN MODEL CIPP . Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(1), 73–87. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpro/article/view/2383