OPTIMALISASI KNOWLEDGE MANAGEMENT KINERJA KARYAWAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN DI KSPPS ARTHA YASMIN AZ-ZAHRA JEPARA
Keywords:
Knowledge Management, Kinerja Karyawan, Pelayanan, Employee Performance, ServiceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting Knowledge Management dalam peningkatan pelayanan di KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra Jepara, dan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam keterbatasan pengetahuan serta banyaknya aturan yang telah ditetapkan. Dengan desain penelitian kualitatif deskriptif penelitian ini dilakukan, kemudian sumber data primer dan sekunder merupakan teknik dalam mengumpulkan. Knowledge Management sangat penting bagi karyawan, Dalam hal ini mendorong koperasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan meningkatkan kinerja karyawan. Komunikasi yang efektif dan pelatihan rutin sangat diperlukan untuk membangun pengetahuan yang kuat di antara karyawan, serta tantangan utama dalam Knowledge Management adalah dari internal, yaitu motivasi karyawan dan sifat manusia yang mudah lupa, sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasinya. Implikasi kebijakan yang dapat dilakukan yaitu dengan pengembangan program pelatihan berkelanjutan, motivasi dan insentif untuk karyawan, penguatan sistem Knowledge Management, komunikasi dan kolaborasi tim yang efektif, peningkatan literasi digital, serta pembuatan dokumen dan notulen rutin.
References
A. Darow, A. Erkollar, I. Z. (2020). Lesson ticker: Knowledge Management. Enterprise & Business Management. http://doi.org/10.7440/res53.2015.12
Ahmadi, M. (2023). Komunikasi Simbolik: Implikasi Penggunaan Chatbot Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Customer Service. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam. https://doi.org/10.53429/j-kis.v4i1.594
Aswati, L., & Sudarso, E. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Akses Lokasi Terhadap Minat Kunjung Kembali Pada Hotel Hongkong Inn Singkawang. Pendidikan Ekonomi, 4(2), 48–61. http://www.ejournal.radenintan.ac.id
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. http://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/download/482/417
Charbonnier-Voirin, A., & Roussel, P. (2018). Adaptive performance: A new scale to measure individual performance in organizations. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 31(1), 55–68. https://doi.org/10.1002/cjas.1273
D. Olson, D. W. (2019). Knowledge Management. Predictive Data Mining Models. https://doi.org/10.1007/978-981-13-9664-9_1
Di Vaio, A., Palladino, R., Pezzi, A., & Kalisz, D. E. (2021). The role of digital innovation in knowledge management systems: A systematic literature review. Journal of Business Research, 123(May 2020), 220–231. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.09.042
F. Kurniawan, Zulham Sitorus, S. O. (2021). APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK SISTEM PENINGKATAN PELAYANAN KONSUMEN. Journal of Science and Social Research. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.713
Gao, T., Chai, Y., & Liu, Y. (2018). A review of knowledge management about theoretical conception and designing approaches. International Journal of Crowd Science, 2(1), 42–51. https://doi.org/10.1108/IJCS-08-2017-0023
Gunjal, B. (2019). Knowledge Management: Why Do We Need it for Corporates. Social Science Research Network. https://doi.org/10.2139/ssrn.2354377
Hammond, M. M., Neff, N. L., Farr, J. L., Schwall, A. R., & Zhao, X. (2018). Predictors of individual-level innovation at work: A meta-analysis. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 5(1), 90–105. http://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0021-9010.60.6.713
Heni Rohaeni, N. M. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(1), 312–318. https://doi.org/10.56341/amj.v1i1.202
Herfandi, H., Ramdani, E., Dwiasnati, S., Yuda Irawan, A. S., & Sukarna, R. H. (2022). Penerapan Self-Service Technology pada Aplikasi Pelayanan Penduduk Desa Labuhan Sumbawa. Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(1), 91. https://doi.org/10.22441/10.22441/format.2022.v11.i1.010
Hoch, J. E., Bommer, W. H., & Dulebohn, J. H. (2018). Do Ethical , Authentic , and Servant Leadership Explain Variance Above and Beyond Transformational Leadership ? A Meta-Analysis. Journal of Management, 44(2), 501–529. https://doi.org/10.1177/0149206316665461
Khaeruman, K., & Hartoko, G. (2021). Pelaksanaan Training Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(2), 91. https://doi.org/10.35906/jurman.v7i2.931
Kianto, A., Andreeva, T., & Pavlovskaya, M. (2019). Does knowledge management really matter? Linking knowledge management practices, competitiveness and economic performance. Journal of Management, 299–313. https://doi.org/10.1108/DPRG-03-2019-0018
Koopmans, L., Bernaards, C., Hildebrandt, V., De Vet, H., & Van der Beek, A. J. (2018). Measuring individual work performance: Identifying and selecting indicators. Work, 60(3), 461–475. https://doi.org/10.3233/wor-182748
Lina Imhar, L. (2022). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN PERILAKU KONSUMEN PADA PT. PRATAMA ABADI INDUSTRI TANGERANG. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi. https://doi.org/10.51903/jupea.v2i3.362
Lustono, L., & Muqoronah, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Partisipasi Anggota Terhadap Manajemen Kinerja Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (Kspps) Bmt Artha Salam Di Banjarnegara. Medikonis, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.52659/medikonis.v12i1.29
Mathieu, J. E., Gallagher, P. T., Domingo, M. A., & Klock, E. A. (2019). Embracing complexity: Reviewing the past decade of team effectiveness research. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 6(1), 17–46. https://dx.doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-012218-015106
Ode, W., Muizu, Z., Effendi, N., Ekonomi, F., & Padjadjaran, U. (n.d.). Penguatan SDM Industri Kreatif melalui Peningkatan Kompetensi dan Knowledge Management ( Wa Ode Zusnita Muizu ). 224–233.
Pradhan, R. K., & Jena, L. K. (2018). Employee performance at workplace: Conceptual model and empirical validation. Business Perspectives and Research, 6(1doi:10.3233/WOR-182748doi:10.3233/WOR-182748), 69–85. https://doi.org/10.1177/2278533716671630
Prativindhya Saini, Renu Jain, N. J. (2023). Knowledge Management. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 11(1).
Rafiie, D. S., Azis, N., & Idris, S. (2018). Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Kerja Islam Dan Lingkungan Kerjaterhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat. Megister Manajemen, 2(1), 36–45.
Rhou, Y., Singal, M., & Koh, Y. (2018). Customer satisfaction, customer loyalty, and financial performance: A meta-analysis. International Journal of Hospitality Management, 76(3), 56–66. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.05.007
Rizal, D. M., Irwan, I., & Yunus, M. R. (2022). Peran Media Sosial Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Toko Fantasy Mobile Di Biak. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 17(2), 53–60. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v17i2.271
Safitri, A. (2021). Model Layanan E-Konseling Dengan Media Surat Elektronik Pada Laboratorium Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah Iain Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i1.2217
Sani, A., & Irsan. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121–131. http://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/202
Saputra, T. (2023). Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 59–62. https://doi.org/10.52624/manajerial.v5i2.2366
Setyo Widodo, D., & Yandi, A. (2022). Model Kinerja Karyawan: Kompetensi, Kompensasi dan Motivasi, (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.1
Sharon K. Parker, Uta K. Bindl, and K. S. all authors and affiliations. (2019). Making Things Happen: A Model of Proactive Motivation. Journal of Management, 45(3), 953–983. https://doi.org/10.1177/0149206310363732
Suparmi, & Vicy, S. (2019). Reward Dan Punishment Sebagai Pemicu Kinerja Karyawan Pada Pt. Dunia Setia Sandang Asli Iv Ungaran. Jurnal Ilmiah Untag Semarang, 8(1), 51–61. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/sa/article/view/1134/981
Tiwari, S. P. (2022). KNOWLEDGE MANAGEMENT STRATEGIES AND EMERGING TECHNOLOGIES - AN OVERVIEW OF THE UNDERPINNING CONCEPTS. International Journal of Innovative Technologies in Economy. https://doi.org/10.31435/rsglobal_ijite/30032022/7791
Wa Ode Zusnita Muizu, Umi Kaltum, E. T. S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Bulletin of Management and Business, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.31328/bmb.v1i2.100
Zawawi, D., Ahmad, M.N., Nor, K.M., & Yusof, Z. M. (2020). Knowledge management and its relationship with innovation: The role of organizational learning as a mediator. Journal of Knowledge Management, 24(6), 1404–1425. https://doi.org/10.1016/j.jstrokecerebrovasdis.2020.104875
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggun Anggraini, Miswan Ansori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel melekat peda penulis tanpa batasan.