EVALUASI KINERJA WANA WISATA TANJUNG PAPUMA JEMBER MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

Authors

  • Bagus Wahyu Ferdiyantoro Politeknik Negeri Malang
  • Nur Indah Riwajanti
  • Siti Amerieska

Keywords:

Pengukuran Kinerja, Perspektif, Balanced Scorecard, Performance Measurement

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kinerja Wana Wisata Tanjung Papuma Jember menggunakan metode Balanced  Scorecard. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan perspektif keuangan yang diukur dengan SRGR (Service Revenue Growth Rate) dan CRR (Cost Recovery Ratio) menghasilkan kinerja yang cukup, perspektif pengunjung diukur dengan kepuasan pengunjung dan jumlah komplain menunjukkan kinerja yang baik, perspektif bisnis internal diukur dengan inovasi dan proses operasi menunjukkan kinerja yang baik, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diukur dengan kepuasan karyawan dan retensi karyawan menghasilkan kinerja yang baik. Hasil analisis dari keempat perspektif pada tahun 2021-2023 disimpulkan secara rata-rata adalah 0,75, menunjukkan kinerja perusahaan baik. Oleh karena itu, rekomendasi yang diberikan adalah melakukan pengukuran kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard secara berkala dengan mempertahankan kriteria baik dan dapat meningkatkan perspektif keuangan dengan cara menyesuaikan besaran tiket masuk yang lebih ekonomis serta meningkatkan pemasaran.

References

Gaspersz, V. (2011). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balance Scorecard Dengan Malcolm Baldrige dan Lean Six Sigma Supply Chain Management. Bogor: Vinchiristo Publicatioan.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2013). Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balance Scorecard. Jakarta: Erlangga.

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Moeheriono. (2016). Pengukuran Kinerja Berbasi Kompetensi. Bogor: Ghalia.

Mulyadi. (2014). Balance Scorecard : Alat Manajemen Kontenporer Untuk Pelipatganda Kinerja keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Pusung, R. J. (2014). Analisis Hubungan antara Pengukuran Kinerja, Strategi, dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi, 9(3), 17-30.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

23-04-2025

How to Cite

Bagus Wahyu Ferdiyantoro, Nur Indah Riwajanti, & Siti Amerieska. (2025). EVALUASI KINERJA WANA WISATA TANJUNG PAPUMA JEMBER MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(1), 1–17. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpro/article/view/2348