MENGANALISIS NIAT TURNOVER DI KALANGAN SALES PT SMARTFREN TELECOM TBK: FAKTOR-FAKTOR DAN IMPLIKASINYA
Abstract
Karyawan dan bisnis sering menghadapi masalah niat berpindah. Karena tingginya keinginan turnover dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas perusahaan dan karyawannya, maka perlu adanya fokus terhadap keinginan berpindah. Di PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Bandung, terdapat sejumlah indikator yang menunjukkan niat untuk keluar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja penanda dampak tujuan turnover transaksi pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Bandung. Jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah eksplorasi subjektif dengan kepastian sumber menggunakan pemeriksaan purposif dan prosedur pengumpulan informasi menggunakan persepsi dan pertemuan. Tujuh orang di PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Bandung disurvei untuk penelitian ini, termasuk tiga tenaga penjualan, dua pemimpin, dan dua mantan tenaga penjualan. Di PT Smartfren Telecom Tbk, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga indikator niat berpindah: indikator memikirkan untuk keluar, indikator niat untuk keluar, dan indikator mencari pilihan pekerjaan lain. Faktor beban kerja, faktor gaji, faktor atasan, dan faktor lingkungan menjadi penyebab indikator tersebut
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Nurmala, Siska Fajar Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel melekat peda penulis tanpa batasan.