MENGANALISIS NIAT TURNOVER DI KALANGAN SALES PT SMARTFREN TELECOM TBK: FAKTOR-FAKTOR DAN IMPLIKASINYA

Authors

  • Siti Nurmala Universitas Teknologi Digital Indonesia
  • Siska Fajar Kusuma Universitas Teknologi Digital Indonesia

Abstract

Karyawan dan bisnis sering menghadapi masalah niat berpindah. Karena tingginya keinginan turnover dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas perusahaan dan karyawannya, maka perlu adanya fokus terhadap keinginan berpindah. Di PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Bandung, terdapat sejumlah indikator yang menunjukkan niat untuk keluar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja penanda dampak tujuan turnover transaksi pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Bandung. Jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah eksplorasi subjektif dengan kepastian sumber menggunakan pemeriksaan purposif dan prosedur pengumpulan informasi menggunakan persepsi dan pertemuan. Tujuh orang di PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Bandung disurvei untuk penelitian ini, termasuk tiga tenaga penjualan, dua pemimpin, dan dua mantan tenaga penjualan. Di PT Smartfren Telecom Tbk, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga indikator niat berpindah: indikator memikirkan untuk keluar, indikator niat untuk keluar, dan indikator mencari pilihan pekerjaan lain. Faktor beban kerja, faktor gaji, faktor atasan, dan faktor lingkungan menjadi penyebab indikator tersebut

Downloads

Published

22-12-2024

How to Cite

Nurmala, S., & Kusuma, S. F. (2024). MENGANALISIS NIAT TURNOVER DI KALANGAN SALES PT SMARTFREN TELECOM TBK: FAKTOR-FAKTOR DAN IMPLIKASINYA. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 5(3), 461–470. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpro/article/view/2329