PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKO BESI DAN KACA “SANTA” YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpro.v5i2.2163Keywords:
Harga, Kualitas Layanan, Penjualan PribadiAbstract
Kepuasan pelanggan merupakan elemen kunci keberhasilan bisnis, terutama pada bisnis yang persaingannya sangat ketat seperti ritel bahan bangunan. Pengusaha perlu mengupayakan strategi-strategi kreatif untuk mempertahankan kepuasan pelanggan, untuk itu perlu pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan Toko Besi dan Kaca “Santa” Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Responden sebanyak 63 orang adalah pelanggan yang pernah berbelanja lebih dari 3 kali selama 2 tahun terakhir. Teknik analisa menggunakan regresi linier berganda; pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa (1) harga tidak berpengaruh pada kepuasan pelanggan, (2) kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan (3) personal selling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian ketiga variabel secara simultan dengan uji F menunjukkan ketiga variabel berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
References
Anggoro, M. A., Juvin, J., Chaisar, W., Ginting, G. M. br, Halim, T. W., & Erey, J. U. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Sunter Sumber Sinergi Medan. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 3(1), 27. https://doi.org/10.30737/jimek.v3i1.682
Arianto, Handoko, Y., & Dewi, W. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan di Imam Bonjol Hostel Semarang. Bursa: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 88–100.
Arifani, A. M., Widowati, I., & Permai, N. M. S. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Kualitas Pelayanan dan Harga Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Titi Orchids Yogyakarta. Agriscience, 2(3), 869–884.
David, S. E., & Juwita, R. (2023). Dampak Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Supermarket Diamond Palembang. MDP Student Conference (MSC), 365–370.
Fawzy, I., Sumowo, S., & Saidah, N. (2023). Pengaruh Lokasi, Harga dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Stasiun Cafe Balung Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur, 2(1), 47–51.
Fiolina, T., & Elizabeth, S. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Chatime PIM. MDP Student Conference (MSC), 288–292.
Fitriani, H. (2022). Pengaruh Harga, Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Alfamart. Jurnal Equilibria, 9(1), 160–167. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/equi
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Pearson Education.
Lubbe, I. (2016). Communicating with the Business-to-Business market. https://www.academia.edu/31299263/Communicating_with_the_Business_to_Business_market
Makbud, A., Nyoman, I. B., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Gudeg Yu Djum Yogyakarta Jl. Wijilan No. 31 Kota Yogyakarta. Jurnal Aplikasi Manajemen, 33(2), 143–153.
Prihatin, E. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Personal Selling terhadap Kepuasan Pelanggan pada Event Organizer Cleopatra Management. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Sandy, S., & Sunargo, S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Benteng Indo Bangunan. JESYA: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 128–135. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.887
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764. www.dawaihati.com
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (4th ed.). Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laurentius Dian Ardiyanto, Theresia Pradiani, Fatthorrahman Fatthorrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel melekat peda penulis tanpa batasan.