PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA MPM BASRA (BASUKI RAHMAD) KOTA MALANG ERA PASCA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1480Keywords:
Harga, promosi, Minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli konsumen sepeda motor Honda pada Dealer MPM Basra (Basuki Rahmad) Kota Malang setelah pandemic covid-19.
Populasi dalam penelitian ini adalah calon pembeli produk Honda di Dealer MPM Basra kota Malang, penentuan sampel menggunakan teknik Convenience Sampling sebanyak 65 sampel. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal atau sebab akibat dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dan uji hipotesis meliputi uji T, uji F dan uji koefisien determinan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Honda pada Dealer MPM Basra kota Malang. Sementara promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Honda pada Dealer MPM Basra kota Malang. Secara simultan harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Honda pada Dealer MPM Basra Kota Malang.
References
Annafik Aldaan Faikar. (2012). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha Studi Kasus di Yamaha SS Semarang. Universitas Diponegoro. Semarang. Skripsi.
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Andi.
Dewa Ndaru Kusuma. (2009). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. In Pendidikan Manajemen Bisnis (Ke-4). Alphabeta.
Kotler, K. dan. (2018). Manajemen Pemasaran. In Jakarta (13th ed.).
Kotler, P. & G. A. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga.
Swastha, B. (2007). Manajemen Pemasaran Modern.
A, Shimp, T. . 2003. (2013). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I (edisi 5). Erlangga.
Annafik Aldaan Faikar. (2012). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha Studi Kasus di Yamaha SS Semarang. Universitas Diponegoro. Semarang. Skripsi.
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Andi.
Dewa Ndaru Kusuma. (2009). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. In Pendidikan Manajemen Bisnis (Ke-4). Alphabeta.
Kotler, K. dan. (2018). Manajemen Pemasaran. In Jakarta (13th ed.).
Kotler, P. & G. A. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga.
Swastha, B. (2007). Manajemen Pemasaran Modern.