MENINJAU EFEKTIVITAS SISTEM RELY-ON DALAM MENUNJANG PENGELOLAAN PELANGGAN PADA PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA (PGN) AREA BATAM

Authors

  • Fikri Aditya Tri Andikaputra Politeknik STIA LAN Bandung
  • Wilna Yulandary Politeknik STIA LAN Bandung
  • Pepi Zulvia Politeknik STIA LAN Bandung
  • Adhika Bergi Nugroho Politeknik STIA LAN Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1445

Keywords:

Model Kesuksesan DeLone dan McLean, Sistem Informasi, Rely On PGN

Abstract

Keberadaan sistem informasi bagi setiap perusahaan sangat penting dan menjadi salah satu bagian sumber daya yang dibutuhkan dalam menciptakan keunggulan bersaing. Oleh karena itu sistem informasi dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan sejalan dengan upaya pencapaian tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas sistem informasi Rely On PGN dalam mengelola kegiatan administrasi pelanggan pada PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk Area Batam. Hal ini didasarkan pada premis tentang sebagian besar keberhasilan suatu perusahaan didorong untuk dapat meningkatkan efektivitas kinerjanya, biasanya didukung oleh kecanggihan sistem informasi yang dimiliki perusahaan dalam memberikan kemudahan serta mengoptimalkan kegiatan operasional perusahaan. Model kesuksesan DeLone & McLean diterapkan pada penelitian ini untuk mengukur efektivitas sistem informasi, yang terdiri dari enam indikator yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu keadaan atau peristiwa dalam menjawab pertanyaan penting penelitian. Oleh karena itu pengumpulan data kulitatif dilakukan dengan cara wawancara, observasi, maupun studi kepustakaan atau dokumen sekunder yang relevan. Hasil analisis terhadap data kualitatif yang terkumpul menunjukkan beberapa hal penting yakni penerapan sistem informasi Rely On PGN terbukti efektif dalam mendukung kegiatan administrasi atau pengelolaan pelanggan berdasarkan enam indikator pada Model Kesuksesan Delone & McLean. Selanjutnya sistem Rely On PGN diyakini mampu memberikan dampak positif bagi individual maupun perusahaan. Indikator kualitas layanan pada model kesuksesan Delone & McLean pada Rely On PGN perlu ditingkatkan, terutama fokus pada pengembangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Downloads

Published

23-12-2022

How to Cite

Andikaputra, F. A. T., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A. B. (2022). MENINJAU EFEKTIVITAS SISTEM RELY-ON DALAM MENUNJANG PENGELOLAAN PELANGGAN PADA PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA (PGN) AREA BATAM. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143–162. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1445