PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PO. PURNAYASA
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpro.v3i1.1016Keywords:
HARGA, FASILITAS, KUALITAS PELAYANANAbstract
Dampak dari virus Corona (COVID-19) tidak hanya dirasakan pada sisi kesehatan saja, namun juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Perkembangan dari virus ini sangat cepat, maka dari itu banyak perusahaan yang melakukan berbagai cara untuk menekan penyebaran virus dengan cara melakukan social distancing. Begitupun dengan Po. Purnayasa yang melakukan program pembatasan jumlah penumpang dalam kapasitas 1 bus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh harga kepuasan penumpang PO. Purnayasa.2) pengaruh fasilitas kepuasan penumpang PO. Purnayasa. 3) pengaruh kualitas pelayan terhadap kepuasan penumpang PO. Purnayasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yaitu seluruh penumpang PO. Purnayasa yang tidak diketahui jumlahnya dan sampel yang diambil sejumlah 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengujian analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, analisis regresi berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan hasil dari uji analisis berganda dan uji t 1) harga berpengaruh berpengaruh terhadap kepuasan penumpang 2) fasilitas berpengaruh berpengaruh terhadap kepuasan penumpang 3) Kualitas Pelayanan berpengaruh berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Harga berpengaruh terhadap kepuasan penumpang 2) Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan penumpang 3) Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang.