PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PO. PURNAYASA

Authors

  • I Dewa Putu Rai Wira Pradnyana Institut Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v3i1.1016

Keywords:

HARGA, FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN

Abstract

Dampak dari virus Corona (COVID-19) tidak hanya dirasakan pada sisi kesehatan saja, namun juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Perkembangan dari  virus ini sangat cepat, maka dari itu banyak perusahaan yang melakukan berbagai cara untuk menekan penyebaran virus dengan cara  melakukan social distancing. Begitupun dengan Po. Purnayasa yang melakukan program  pembatasan jumlah penumpang dalam kapasitas 1 bus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh harga kepuasan penumpang PO. Purnayasa.2) pengaruh fasilitas kepuasan penumpang PO. Purnayasa. 3) pengaruh kualitas pelayan terhadap kepuasan penumpang PO. Purnayasa. Jenis  penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yaitu seluruh penumpang PO. Purnayasa yang tidak diketahui jumlahnya dan sampel yang diambil sejumlah 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengujian analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, analisis regresi berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F serta  koefisien determinasi.  Berdasarkan hasil dari uji analisis berganda dan uji t 1) harga berpengaruh berpengaruh terhadap kepuasan penumpang 2) fasilitas berpengaruh berpengaruh terhadap kepuasan penumpang 3) Kualitas Pelayanan berpengaruh berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Harga berpengaruh terhadap kepuasan penumpang 2) Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan penumpang 3) Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang.

Downloads

Published

27-06-2022

How to Cite

Pradnyana, I. D. P. R. W. (2022). PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PO. PURNAYASA. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(1), 46–58. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i1.1016