MAKNA LABA BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)

Authors

  • layly dwi rohmatunnisa Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/ristansi.v4i2.1680

Keywords:

laba, rasa, bahagia, umkm

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk mengetahui persepsi laba dan pemicu dalam pembentukan mindset atau pola pikir pengusaha UMKM terhadap laba. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi fenomenologi, dimana masih adanya sesuatu yang perlu diungkap dalam dari suatu masalah yang masih memiliki makna tersembunyi. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder, data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari informan melalui wawancara secara langsung, wawancara ini dilakukan dengan menggunakan metode semi-structured interview (wawancara semi terstruktur). Data primer dalam penelitian ini merupakan 2 pengusaha UMKM alat dan bahan banguanan. Hasil penelitian memberikan makna bahwa laba tidak selalu hanya berupa keuntungan yang besar, namun cukup dengan adanya perputaran modal yang akan digunakan lagi untuk modal produksi berikutnya demi kelangsungan usaha dan pengembangan dari usaha. Laba menurut pengusaha UMKM di Blitar ini dipicu oleh semangat pengusaha untuk lebih mengembangkan usaha bisnisnya dengan mengedepankan kepercayaan konsumen dalam setiap pesanan.

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

rohmatunnisa, layly dwi. (2024). MAKNA LABA BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM). RISTANSI: Riset Akuntansi, 4(2), 125–136. https://doi.org/10.32815/ristansi.v4i2.1680