PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, KEPERCAYAAN, HARGA, DAN RISIKO YANG DIRASAKAN TERHADAP MINAT BERBELANJA ONLINE DI PLATFORM E-COMMERCE

Studi Kasus pada Masyarakat Milenial

  • Hendra Setiawan Universitas PGRI Madiun
  • Indra Ayu Fatmala Universitas PGRI Madiun
  • Yayang Julita Universitas PGRI Madiun
Keywords: online customer review, trust, price, risk perception, buying interest

Abstract

The purpose of this research is to empirically prove the effect of online customer reviews, prices, trust, and perceived risk on online buying interest on e-commerce platforms. This research was conducted in the people of Madiun City by taking a sample using a porposive sample and obtained as many as 200 respondents. This research method uses a quantitative approach using SPSS version 20. The results of this study are online customer reviews, price, trust, and perceived risk affect purchase intention and online customer reviews, trust, perceived risk simultaneously affect purchase intention.

References

Amboningtyas, Dheasey. 2020. “Peran Keputusan Pembelian Dalam Memediasi Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Online Pada Online Shop SHOPEE.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 3(2):395–404. doi: 10.36778/jesya.v3i2.222.

Ardianti, Asri Nugrahani, and M. A. Widiartanto. 2019. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee .” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 1–11.

Bahari, Moh Fajar, and Rizky Dermawan. 2022. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tokopedia Di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Abstrak Abstract.” Seiko (c):100–108. doi: 10.37531/sejaman.v5i2.2109.

Elan, Umi, and Itta Mufassirina. 2013. “Pengaruh Merek Terhadap Keputusan Pembelian.” 02.

Hady’s Utami, Alvi Rizki. 2020. “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce.” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi) 1(6):79–93.

Haekal, Azwar, and Bambang Widjajanta. 2016. “Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online Pada Pengunjung Website Classifieds Di Inonesia.” Journal of Business Management Education (JBME) 1(1):183–95. doi: 10.17509/jbme.v1i1.2287.

Hermawan, A. K., and M. R. Ramadhan. 2016. “Document (4).Pdf.” Zabol University, Faculty of Veterinary Medicine 9–62.

Khotimah, Khusnul, and Febriansyah Febriansyah. 2018. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen Dan Kreativitas Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Online-Shop.” Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis 1(1):19–26. doi: 10.36407/jmsab.v1i1.16.

Lestari, Refina Dewi, Fakultas Ekonomi, D. A. N. Bisnis, and Jawa Timur. 2021. “PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI ONLINE BLP BEAUTY SAAT PANDEMI COVID-19 PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI ONLINE BLP BEAUTY SAAT PANDEMI COVID-19 SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana M.”

Mahardheka, Marselle. 2016. “PENGARUH PERSEPSI RISIKO, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ONLINE PADA WEBSITE ALIEXPRESS.COM (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Universitas Brawijaya Malang.” 4(1):1–23.

Mulyati, Yofina, and Grace Gesitera. 2020. “Pengaruh Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Intervening Pada Toko Online Bukalapak Di Kota Padang.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship 9(2):173. doi: 10.30588/jmp.v9i2.538.

Nathani, Dheeran, and Herlina Budiono. 2021. “Pengaruh Kepercayaan, Popularitas, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kamera Sony.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 3(4):953. doi: 10.24912/jmk.v3i4.13437.

Ramadhani, R. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Kreativitas Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah ….”

Wahyuni, Ananda Dewi, and Dahmiri Dahmiri. 2021. “Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keamanan Konsumen Dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Konsumen Di Marketplace Shopee Kota Jambi.” Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan 10(01):29–41. doi: 10.22437/jmk.v10i01.12384.

Yusnidar, Samsir, and Sri Restuti. 2014. “Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan 12(12):311–29.

Published
2023-07-10
How to Cite
Setiawan, H., Fatmala, I., & Julita, Y. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, KEPERCAYAAN, HARGA, DAN RISIKO YANG DIRASAKAN TERHADAP MINAT BERBELANJA ONLINE DI PLATFORM E-COMMERCE. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 17(2), 122-129. https://doi.org/10.32815/jibeka.v17i2.1074