PENGARUH PELATIHAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP KINERJA GURU PPKN SMA KABUPATEN MALANG MELALUI KOMPETENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Istinah Sofariyah
Keywords: Pelatihan MGMP, Kompetensi Guru, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh antara pelatihan MGMP terhadap kompetensi guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 2) pengaruh antara pelatihan  MGMP terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 3) pengaruh antara kompetensi terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 4) pengaruh pelatihan MGMP terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang melalui variabel intervening kompetensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan menggambarkan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka untuk menjelaskan karakteristik individu atau kelompok. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh antara pelatihan MGMP terhadap kompetensi guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 2) terdapat pengaruh antara pelatihan MGMP terhadap peningkatan kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 3) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara kompetensi terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 4) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan pelatihan MGMP terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang melalui variabel intervening kompetensi.

References

Annisa Intan Prasetyo, (2017). Analisi Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Melalui Kompetensi. Jurnal Ecodemica, Vol 1 No. 1 April 2017.

Arifin, B. d. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen. Pembinaan,Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA. .

Aris Suherman, A. S. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Benyamin, G. D. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Indeks.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Pranata, O. S. (2018). Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi Dan Kinerja.Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 61 No. 3 Agustus 2018|.

Ely, D. &. ( 1980). Teaching & Media Systematic Approache. New Jersey : Prentice-Hall.

Graha, A. N. (2005). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kemampuan Karyawan .Jurnal Ekonomi Modernisasi .

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Jakarta: Sekretariat Negara .

Kemendikbud. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.










Mokhtar, N. R. (2017). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompotensi. JurnalAdministrasi Bisnis.

Oemar Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Poerwadarminta, W. ( 2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.

Sudjana, A. R. ( 2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiarti, d. (2016). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Padma Ardya Aktuaria Jakarta. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Humaniora.

Suparlan. (2006). Guru Sebagai Profesi. Yokyakarta: Hikayat Publishing .
Published
2020-11-11
How to Cite
Sofariyah, I. (2020). PENGARUH PELATIHAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP KINERJA GURU PPKN SMA KABUPATEN MALANG MELALUI KOMPETENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. JUBIS: Jurnal Bisnis, 1(1), 65-76. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jubis/article/view/318
Section
Articles