SERTIFIKASI HALAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA UMKM

Authors

  • Raisa Fitri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v5i2.2326

Keywords:

Sertifikasi Halal, Kinerja UMKM, Kinerja Inovasi, Kinerja Pasar, Kinerja Keuangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran mediasi kinerja inovasi dan kinerja pasar terhadap pengaruh sertifikasi halal produk makanan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Malang. Banyak pelaku UMKM belum paham akan pentingnya status kehalalan untuk produk yang dihasilkan, hal tersebut merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Kabupaten Malang. Oleh karena itu, dukungan dari pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kesadaran UMKM akan sertifikasi halal yang nantinya akan meningkatkan kinerja UMKM. Regulasi mengenai kewajiban halal telah diatur dalam Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 mengenai Jaminan Produk Halal, termasuk kategori makan dan minuman. Metode kuantitatif dan pengujian hipotesis digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan kriteria pengambilan sampel maka jumlah data yang terkumpul sebanyak 188 UMKM di Kabuaten Malang dengan kategori produk makanan yang sudah memiliki sertifikasi halal, penyebaran data menggunakan kuesioner online dengan pengukuran skala likert (1-5). Setalah data terkumpul, teknis analisisnya menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sertifikasi halal berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan dan kinerja inovasi. Selanjutnya, temuan lain menjelaskan adanya pengaruh sertifikasi halal terhadap kinerja pasar. Temuan lain menjelaskan bahwa ada pengaruh positif antara kinerja inovasi terhadap kinerja keuangan. Kemudian, kinerja inovasi dan kinerja pasar mampu memediasi pengaruh antara sertifikasi halal terhadap kinerja keuangan

References

Aziz, Y. A., & Chok, N. V. (2013). The Role of Halal Awareness, Halal Certification, and Marketing Components in Determining Halal Purchase Intention Among Non-Muslims in Malaysia: A Structural Equation Modeling Approach. Journal of International Food & Agribusiness Marketing, 25(1), 1–23. https://doi.org/10.1080/08974438.2013.723997

Chaston, L. (2000). Entrepreneurial Marketing: Competing By Challenging Convention. Basingstoke: Macmillan Business.

Chin, W. W. (1988). The partial least squares approach for structural equation modeling. In Modern methods for business research (pp. 295–336). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Dinas Koperasi. (2019). Koperasi, Usaha, Kecil & Menengah. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang.

Fornell, C., & Larcker, D.F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research, 18(1), 39.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Golnaz, R., Zainalabidin, M., Nasir, M., & Chiew, E. (2010). Non-Muslims’ awareness of Halal principles and related food products in Malaysia. International Food Research Journal, 17, 667–674.

Gunday, G., Ulusoy, G., Kilic, K., & Alpkan, L. (2011). Effects of innovation types on firm performance. International Journal of Production Economics, 133(2), 662–676. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2011.05.014

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. 7th Edition. Pearson, New York.

Haque, A., Sarwar, A., Yasmin, F., Tarofder, A. K., & Hossain, M. A. (2015). Non-Muslim consumers’ perception toward purchasing halal food products in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 6(1), 133–147. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2014-0033

Haryono, S. (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen Amos Lisrel PLS. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/136193/metode-sem-untuk-penelitian-manajemen-amos-lisrel-pls.htm

Hendijani Fard, M., & Seyyed Amiri, N. (2018). The effect of entrepreneurial marketing on halal food SMEs performance. Journal of Islamic Marketing, 9(3), 598–620. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2016-0097

Ismail, F. R. B. H., & Nasiruddin, K. B. (2014). Perception of Non-Muslim Consumers towards Halal Products in Malaysia. International Journal of Accounting and Business Management (, 2(1), 128–133.

Joseph F. Hair, Jr. ; G. T. M. H. C. M. R. M. S. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM)-Third Edition.

Mathew, V. N., Abdullah, A. M. R. binti A., & Ismail, S. N. binti M. (2014). Acceptance on Halal Food among Non-Muslim Consumers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 121, 262–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1127

Matsuki. (2020, November 6). Menjadi Muslim, Menjadi Indonesia (Kilas Balik Indonesia Menjadi Bangsa Muslim Terbesar). Kemenag.Go.Id. https://kemenag.go.id/opini/menjadi-muslim-menjadi-indonesia-kilas-balik-indonesia-menjadi-bangsa-muslim-terbesar-03w0yt

Nooh, M. N. B., Nawai, N. B., & Dali, N. R. S. B. M. (2007). Halal Certification: What the SME Producers Should Know. Proceedings of the 1st Entrepreneurship & Management International Conference, Kuala Lumpur, 5–22.

Nordin, D., Husain, R., Yulia, A., Basar, S. A., & Salleh, M. F. (2016). THE EFFECT OF HALAL CERTIFICATION ON FINANCIAL PERFOR- MANCE OF HALAL FOOD COMPANIES IN MALAYSIA. PROCEEDINGS OF UNISEL BESTARI RESEARCH PROJECTS (UBRP).

Salindal, N. A. (2019). Halal certification compliance and its effects on companies’ innovative and market performance. Journal of Islamic Marketing, 10(2), 589–605. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2018-0080

Santika, E. (2023, October 13). Kontribusi Usaha Mikro RI untuk PDB Hampir Meyamakan Perusahaan Besar. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/13/kontribusi-usaha-mikro-ri-untuk-pdb-hampir-menyamakan-perusahaan-besar

Santosa, C. W., Fahma, F., & Damayanti, R. W. (2022). Effect of Halal Certification on Logistic Performance and Financial Performance. Jurnal Teknik Industri, 24(2), 117–128. https://doi.org/10.9744/jti.24.2.117-128

Straub, D. W. (1989). Validating Instruments in MIS Research. MIS Quarteryly, 13(2), 147–169.

Talib, M., Chin, T. A., & Fischer, J. (2017). Linking halal food certification and business performance. British Food Journal, 119(7), 1606–1618.

Wibowo, M. W., & Ahmad, F. S. (2016). Non-Muslim Consumers’ Halal Food Product Acceptance Model. Procedia Economics and Finance, 37, 276–283. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30125-3

Yazid, F., Kamello, T., Nasution, Y., & Ikhsan, E. (2020). Strengthening Sharia Economy Through Halal Industry Development in Indonesia. 413(Icolgis 2019), 86–89. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200306.187

Yusuf, A. H., Shukor, S. A., & Bustamam, U. S. A. (2016a). Halal Certification vs Business Growth of Food Industry in Malaysia. Journal of Economics, Business and Management, 4(3), 247–251. https://doi.org/10.7763/JOEBM.2016.V4.399

Yusuf, A. H., Shukor, S. A., & Bustamam, U. S. A. (2016b). Halal Certification vs Business Growth of Food Industry in Malaysia. Journal of Economics, Business and Management, 4(3), 247–.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Fitri, R. (2024). SERTIFIKASI HALAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA UMKM . Jurnal Manajemen Dan Profesional, 5(2). https://doi.org/10.32815/jpro.v5i2.2326