WANITA DAN PERANANNYA DALAM MEMAJUKAN UMKM BATIK DI KEBUMEN

  • Siti nur azizah STIE Putra Bangsa
Keywords: Women, Batik, SMEs

Abstract

This study aims to analyze, describe and interpret what factors influence women's empowerment so that it can improve the family's economic welfare. This study is a descriptive study using structured interviews. Subjects were 30 female batik entrepreneurs in Pejagoan and Alian Districts. The results show both women entrepreneurs run businesses to help the family economy and still have little business knowledge, so the local government still has to provide assistance for the progress of the batik industry, especially those owned by women.

References

Dipta, I Wayan. 2009. Mengangkat Peran Perempuan Pengusaha Dalam Mengatasi Pengangguran. Kementerian Negara Koperasi dan UKM. Jakarta
.
Firdausy, CM. 2010. Prospek Bisnis UKM dalam Era Perdagangan Bebas dan Otonomi
Daerah. Available online with up dates at http:// www.duniaesai.com/ekonomi/eko5.html

Irawati & Hati. 2013 Motivasi Kerja Wanita terhadap Kondisi Sosial ekonomi (Jurnak JEJAK volume 06 Halaman 1-107 tahun 2013 1979-715X

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia ,2010. .Data UKM yang dikelola oleh perempuan Indonesia . Jakarta.

Keputusan Menteri Keuangan No. 361/KMK 016/1994 tanggal 27 Juni 1994

Komariah dan Danial. 2016. Kontribusi Wanita Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Pekerja Ukm Kota Sukabumi . Jurnal Program Studi Administrasi Bisnis, Univ. Muhammadiyah Sukabumi

Moleong, Lexy J. 1991. Metode Penelitian Kuantitatif . Remaja Rosda Karya. Bandung.

Mulyanto, Tjokrowinoto 2006. Penguasa Perempuan, Pembangunan dan tantangan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Subanar. R. (2001). Manajemen Usaha Kecil, Edisi Pertama, Cetakan Keempat, BPFE- Yogyakarta. Yogyakarta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis.

Tambunan, Tulus, T.H. 2002. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia Beberapa Isu Penting. Jakarta :PT Salemba Empat.

Undang - Undang No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM
.
Published
2019-05-03
How to Cite
azizah, S. (2019). WANITA DAN PERANANNYA DALAM MEMAJUKAN UMKM BATIK DI KEBUMEN. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 15-19. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.98