e-COMMERCE DI INDUSTRI 4.0

  • Manap Solihat Universitas Komputer Indonesia
  • Denda Sandika Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Industry, E-commerce, Teknologi Informasi, Kewirausahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuka pikiran tentang E-commerce yang merupakan aktivitas jual beli atau jual beli berbasis online dimana transaksi antara penjual dan pembeli tidak secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan e-commerce dalam berwirausaha di era industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang mendeskripsikan fenomena yang terjadi serta pengumpulan literatur dan jurnal penelitian yang berkaitan dengan topik E-commerce. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa E-commerce telah digunakan dalam wirausaha di era industri 4.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan E-commerce akan membantu seorang pengusaha dalam meningkatkan pendapatan usahanya.

References

Ahmad, S. Z., Abu Bakar, A. R., Faziharudean, T. M., & Mohamad Zaki, K. A. (2015). An empirical study of factors affecting e-commerce adoption among small-and medium-sized enterprises in a developing country: Evidence from Malaysia. Information Technology for Development, 21(4), 555-572.

AlBar, A. M., & Hoque, M. R. (2019). Factors affecting cloud ERP adoption in Saudi Arabia: An empirical study. Information Development, 35(1), 150-164.

Choshin, M., & Ghaffari, A. (2017). An investigation of the impact of effective factors on the success of e-commerce in small-and medium-sized companies. Computers in Human Behavior, 66, 67-74.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085, 1375.

Kurnia, S., Choudrie, J., Mahbubur, R. M., & Alzougool, B. (2015). E-commerce technology adoption: A Malaysian grocery SME retail sector study. Journal of Business Research, 68(9), 1906-1918.

Lestari, D. (2019). Measuring e-commerce adoption behaviour among gen-Z in Jakarta, Indonesia. Economic Analysis and Policy, 64, 103-115.

Nair, K. S. (2017). Impact of E-Commerce on Global Business And Opportunities–A Conceptual Study. Dubai: International Journal of Advanced Engineering and Management Research, 2(2).

Niranjanamurthy, M., Kavyashree, N., Jagannath, S., & Chahar, D. (2013). Analysis of e-commerce and m-commerce: advantages, limitations and security issues. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 2(6), 2360-2370.

Ramanathan, R., Ramanathan, U., & Hsiao, H. L. (2012). The impact of e-commerce on Taiwanese SMEs: Marketing and operations effects. International Journal of Production Economics, 140(2), 934-943.

Salehi, F., Abdollahbeigi, B., Langroudi, A. C., & Salehi, F. (2012). The impact of website information convenience on e-commerce success of companies. Procedia-social and behavioral sciences, 57, 381-387.

Soegoto, E. S. (2014). Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung Edisi Revisi. Elex Media Komputindo.

Terzi, N. (2011). The impact of e-commerce on international trade and employment. Procedia-social and behavioral sciences, 24, 745-753.

Published
2022-08-04
How to Cite
Solihat, M., & Sandika, D. (2022). e-COMMERCE DI INDUSTRI 4.0. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 273-281. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i2.967