The Analisis Manajemen Keuangan Petani dan Perkembangan Ekonomi Keluarga

  • Isa Kholili Isa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam metode yang digunakan para petani dalam mengelola (manajemen) keuangan hasil pertaninnya dan juga untuk mengetahui dampak dari berbagai macam macam metode yang digunakan.

            Penelitian ini menggunakan metode analisis Deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan dan menggali sumber sumber data terkait dengan manajemen keuangan petani yang sering digunakan sekelompok petani Tebu dan kopi dalam mengelola hasil panen.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Hasil Panen masyarakat menggunakn dua metode yaitu hasul panen lansung dijual dan di timbun, yang kedua-duanya mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelemahan metode hasil panen langsung dijual mereka sulit dalam penggunaan uang mengingat kebutuhan sehari-hari kurang bisa terkontrol dengan anggapan mereka terdorong untuk selalu menggunakan uangnya, sedangkan kelebihan dari metode ini adalah mereka beranggapan bahwa metode ini lebih bisa merasakan hasil pertanian mengingat uang yang mereka terima bersifat kumulatih secara langsung.

References

Shinta. (2012). Ilmu Usaha Tani. Malang: Universitas Brawijaya.

Soekartawi. (2010). Anaisis Usaha Tani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sucahyowati, H. (2012). Manajemen Sebuah Pengantar. Jakarta: Wilis Publiser.

Sugiarto. (2008). Analisis Tingkat Kesejahteraan Petani Menurut Pola Pendapatan dan Pengeluaran di Perdesaan. Bogor: Seminar Nasional Dinamika Pembangunan Pertanian dan Perdesaan.

Wiryoputro, S. (2008). Dasar Dasar Manajemen. Jakarta: Gunung Mulia.

Published
2019-05-03
How to Cite
Kholili, I. (2019). The Analisis Manajemen Keuangan Petani dan Perkembangan Ekonomi Keluarga. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 7-14. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.95
Section
Articles