PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMEN GOOD INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ahda Fahira Fakhriah Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Fadilla Cahyaningtyas Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Keywords: Earnings Management, Liquidity, Profitability, Effect of Corporate Social Responsibility Disclosure

Abstract

The purpose of this study is to understand and analyze the effect of corporate social responsibility disclosure with earnings management, liquidity and profitability factors from companies in the consumer good industry sector for the period 2018-2020. In this study there were 20 company populations with a total of 60 samples as research objects. The method used in this research is multiple linear regression method. Related to this research, there is a conclusion that the results of the study indicate that there is a significant influence between earnings management, liquidity and profitability on the disclosure of corporate social responsibility. The implication of the results of this study is that companies can disclose the influence of corporate social responsibility if the company can meet the criteria of the GRI index, amounting to 91 criteria.

References

Anwari, R. F. (2021). EVALUASI PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN. Journal of Business, Management and Accounting, 2(2), 518–528. https://doi.org/: https://doi.org/10.31539/budgeting.v2i2.1749

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Penerbit Andi.

Danis, A. (2014). Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio Dan Komisaris Independen Terhadap Effective Tax Rate (ETR). In Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro.

Deviani, R., & Kusuma, H. (2019). Apa determinan tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting bank umum syariah Indonesia? Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.20885/jeki.vol5.iss1.art5

Iskandar. (2016). Pengaruh Penerapan Customer Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Forum Ekonomi, 18(1), 76–84.

Laurensia, S. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Melalui Pengungkapan CSR pada Perusahaan Konstituen Indeks Sri Kehati. Agora, 3(2), 491–497.

Lim, H. H., Kardinal, & Juwita, R. (2015). Analisa Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal MDP, 1, 1–12.

Lindawati, A. S. L., & Puspita, M. E. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 157–174. https://doi.org/10.18202/jamal.2015.04.6013

Parengkuan, W. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility(Csr) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Melalui Pojok Bursa FEB - Unsrat. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 564–571.

Putri, A., & Suwitho. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(April), 1–19.

Sembiring, C. L. (2017). Manajemen Laba dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Komisaris Independen dan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Pemoderasi. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 2(1), 20–41. https://doi.org/10.20473/baki.v2i1.3544

Sihotang, E., Agus, S. W., & Leliana, M. A. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Moderating (Issue September). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18029.84969

Sunarsih, S. (2017). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dengan Mekanisme Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 33. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1376

Utami, L. T., Maslichah, & Mawardi, M. C. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Riset Akuntansi, 8(8), 98–112.

Published
2022-08-04
How to Cite
Fakhriah, A., & Cahyaningtyas, F. (2022). PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMEN GOOD INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 220-228. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i2.462