Implementasi Value For Money, Input Output Outcome dan Best Value Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Sektor Publik

  • Kariyoto Kariyoto Univesitas Brawijaya
Keywords: implementasi, nilai waktu uang, masukan keluaran hasil, nilai terbaik

Abstract

Pengukuran organisasi sektor publik menjadi penting untuk mengetahui tingkat pencapain pelayanan kepada masyarakat. Kinerja organisasi sektor publik dapat diukur menggunakan alat dan indikator yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nilai waktu uang, masukan keluaran hasil, nilai terbaik sebagai indikator pengukuran kinerja sektor publik. Penelitian ini berlokasi di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Jenis penelitian melalui studi perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi buku yang berhubungan dengan kinerja organisasi sektor publik. Analisis data digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai waktu uang, masukan keluaran hasil dan nilai terbaik dapat dipakai sebagai alat pengukuran kinerja organisasi sektor publik.

References

1.Australia Indonesia Partnership. 2008. Sistem Penganggaran Keuangan di Indonesia. Dipresentasikan dalam Pelatihan PEACH kerja sama PPE FE-UGM, IASTP III, dan SofEI, Jayapura.
2.Gianakis, GerasimosA., dan Difford P. McCue. 1999. Local Govemment Budgeting:A Managerial Approach. USA: Greenwood Publishing Group.
3.Mahmudi, 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik, edisi revisi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
4.Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
5.Pertiwi, Lela Dina. 2007. "Efisiensi Pengeluaran Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Tengah". Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 12, no. 2, hlm. 123-139.
6.Ritonga, Irwan Taufiq. 2010. Analisis Standar Belanja (ASE): Konsep, Metode Pengembangan, dan lmplementasi di Pemerintah Daerah. Yogyakarra: Sekolah Pascasarjana UGM .
7.Sebayang, Asnita Frida. 2005. "Kinerja Kebijakan Fiskal Daerah di Indonesia Pasca-Krisis". Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 10, no. 3. hlm. 203-214.
8.Sudrajat, Drajat. 2007. "Pengendalian dan Pengawasan Anggaran Daerah dalam Mendukung Terwujudnya Dean Govemment". Diedit oleh Abdul Halim, dalam Seri Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah: Akuntansi dan Pengendalian Pengelolaan Keuangan Daerah. Yogyakarra: UPP STIM YKPN.
9.Untoro, Wisnu. 2010. "Kepublikan sebagai Pemoderasi Pengaruh Perencanaan Scrategik pada Kinerja Organisasional". Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Published
2018-09-01
How to Cite
Kariyoto, K. (2018). Implementasi Value For Money, Input Output Outcome dan Best Value Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(1), 72-82. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i1.27