E- PROBLEM BASED LEARNING (E-PBL) PADA MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN INOVATIF

  • Aniek Murniati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Asia
  • Aditya Hermawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Asia
Keywords: e-PBL, PBL, Akuntansi Manajemen

Abstract

Terbatasnya waktu pembelajaran yang hanya 150 menit atau setara dengan 3 SKS pada matakuliah Akuntansi Manajemen menuntut dikembangkannya metode pembelajaran yang lebih inovatif. E-Problem Based Learning (e-PBL) memberikan jawaban atas tuntutan tersebut dengan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif, dimana realita social menjadi dasar model e-PBL. Realita social yang terjadi dalam penelitian ini berupa perilaku proses belajar mengajar serta interaksi antara Dosen Pengampu dengan Mahasiswa. Perilaku proses belajar mengajar serta interaksi antara Dosen Pengampu dengan Mahasiswa merupakan fenomena-fenomea yang akan menjadi dasar model e-PBL. Oleh karenanya, untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis fenomenologi, dimana data-data yang diolah merupakan fenomena-fenomena yang terjadi dalam realita social.

References

1.Aqda, M. F., Hamidi F., & Ghorbandordinejad, F. (2011). The impact of constructivist and cognitive distance instructional design on the learner's creativity. Procedia Computer Science 3, 260–265.
2.Eichelberger, H., & Laner, C. (2010). Unterrichtsentwicklung via elearning. Oldenbourg, München.
3.Zull, J. E. (2004). The art of changing the brain. Educational Leadership, 62(1), 68–72
4.H.S. Barrows and A.C. Myers, (1993). “Problem-Based Learning in Secondary Schools”, Unpublished monograph, Springfield, IL: poblem-Based Learning Institute, Lanphier High School and Southern Illinois University Medical School,
5.Darin E. Harley (2001), Selling E-Learning, American Society for Training and Development, , hlm
6.Joo H and Park N, (2015), E-PBL Model Development for Computer Learning Sistem, International journal of multimedia and ubiquistous engineering vol 10 no.3.PP 323-332
7.Khaznal F. Hasan .(2015). Problem Solving Method Based on E-learning System for Engineering Education. Journal of College Teaching and learning System for Engineering education. Fist quarter
8.Omrod, J. E. (1999). Human learning (3rd ed.). Prentice-Hall, Upper Saddle River, NJ
9.Poerwandari. E. K. 1998. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jakarta.
10.Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Penerbit Bina Aksara, Jakarta
11.Tham, C. M., & Werner, J. M. (2005). Designing and evaluating e-learning in higher education: A review and recommendations. Journal of Leadership and Organizational Studies, 11(2), 15–26
12.Thorpe, Mary and Gordon, Jean (2012), On line Learning in the workplace, a hybrid model of participation in network propfesional learning, Australasian Journal Of Educational Tecnology 1267-1282.
13.Williams, B K., Stacey C S. Using Information Technology. Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi. 7nd Edition. Penerbit Andi. Yogyakarta. 2007
Published
2018-09-01
How to Cite
Murniati, A., & Hermawan, A. (2018). E- PROBLEM BASED LEARNING (E-PBL) PADA MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN INOVATIF. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i1.25