KAJIAN STUDI KRITIS IMPLIKASI SLOGAN PAJAK “BANGGA BAYAR PAJAK”

  • Bambang Haryadi Unversitas Trunojoyo Madura
  • Lailatuz Zahra Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: tax, slogan, bangga bayar pajak

Abstract

The purpose of this study was to test the level of knowledge and understanding of taxpayers about tax slogans "proud to pay taxes." The type of research is a descriptive qualitative method using a critical approach. The place chosen in this study was KPP Pratama Pamekasan. The results showed that (1) socialization by KPP Pratama Pamekasan was still lacking, so the community did not know and understand what he wanted in the slogan. (2) The slogan is still interpreted and is inappropriate. The taxpayer still considers the slogan to remind the awareness to pay taxes. Not yet at the stage of pride for taxpayers after paying taxes; (3) Great hope of the slogan that the community is more proud of the government can manage professionally and accountable tax revenues.

References

------------------. Undang-Undang KUP Nomor 28 Pasal 1 Tahun 2007.

Alfabeta Arif. Bachtiar dan Muchlis. 2002. Iskandar. Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat.

Baran, J, Stanley dan Davis, K. Dennis, 2010. Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan Dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika.

Devano Sony. 2006. Perpajakan: Konsep, Teori, dan Isu, Jakarta: Prenada Media Group.

Ersania, G. R., dan Merkusiwati, N. A. 2018. Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. EJurnal Akuntansi, 1883-1884.

Faisal, Sanapiyah. 1990. Penelitian Kualitatif (Dasar-Dasar Dan Aplikasi). Malang: Ya3 Malang.

Handayani. 2017. Penerapan kebijakan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2016 tentang pengampunan pajak dalam dinamika perpajakan indonesia (studi kantor pelayanan pajak pratama gambir empat jakarta pusat).

Herlambang, A. A. 2018. Dampak Sosialisasi Perpajakan Bagi Pemilik Usaha Pada Sektor. ULTIMA Accounting | ISSN 2085-4595.

Husnurrosyidah, dan Suhadi. 2017. Pengaruh E-Filling, E-Billing dan E-Faktur Terhadap Kepatuhan Pajak pada BMT Se-Kabupaten Kudus. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 98.

Ismawan Indra. 2001. Memahami Reformasi Perpajakan 2000. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Christian. Pengaruh Unsur-Unsur Iklan Pajak : Hiburan, Informatif Dan Nilai Iklan. Jurnal Bricolage. Vol. 3, No. 2.

Kiryanto. 2000. Analisis Pengaruh Penerapan Struktur Pengendalian Intern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dalam Memenuhi Kewajiban Pajak Penghasilannya. EKOBIS. Vol. 1, No. 1 (41-52).

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Loekman Soetrisno, 1994. Optimalisasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Perkotaan: Suatu Perspektif Sosiologis, Jakarta. Direktoral Jenderal Pajak. Universitas Trunojoyo

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Edisi Revisi Yogyakarta: Penerbit Andi mutiara mutiah, g. a. 2011. interpretasi Pajak Dan Implikasinya Menurut Perspektif Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. jurnal akuntansi multiparadigma, Volume 2, No 3, 369-540.

Nugroho. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Yang Terdaftar Di KPP Pratama Semarang Tengah Satu). Diponegoro Journal Of Accounting. Volume 1, Nomor 2 (1-11). Universitas Trunojoyo

Putri, D. P. 2014. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Help Desk Terhadap. eProceeding of Management, Vol.1, No.3, Page 138.

Rohman dan Purnaditya. 2015. Pengaruh Pemahaman Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak (Studi Empiris Pada WP OP Yang Melakukan Kegiatan Usaha Di KPP Pratama Semarang Candisari). Diponegoro Journal Of Accounting. Volume 4, Nomor 4 (1-11).

Sari, R. R. 2019. Pengaruh E-Filling E-Billing, dan E-Faktur Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Kediri. Jurnal Ekonomi Bisnis, 158.

Suci, Y. R. 2017. Perkembangan UMKM. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, Vol. 6 Universitas Trunojoyo

Sugiyono. 2011. Metode Penenlitian Kualitatif. Bandung:

Suparmoko,M. 1979. Azas-azas Ilmu Keuangan Negara, BPFF, UGM Yogyakarta.

Supriyanto. 2006. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3.

Suyatmin. 2004. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan: Studi Empiris Di Wilayah KP PBB Surakarta, Tesis Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

Walandouw3, J. Z. 2015. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Spt Tahunan Wajib Pajak Badan (Studi Kasus Pada KPP Pratama Manado Dan KPP Pratama Bitung). Jurnal EMBA, Vol.3 No.4: 585-592.

Published
2022-02-12
How to Cite
Haryadi, B., & Zahra, L. (2022). KAJIAN STUDI KRITIS IMPLIKASI SLOGAN PAJAK “BANGGA BAYAR PAJAK”. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 136-150. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.191