PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Yuniz Majidah Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Ike Kusdyah Rachmawati Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Tin Agustina Karnawati Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Keywords: gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja guru, taman kanak kanak

Abstract

The principal should have caring to improving the quality of education. Such caring should be demonstrated with the will and ability to develop themselves optimally, so the teachers and education personnel can improve their performance. The teacher's performance is influenced by several factors are situational leadership style, work motivation and job satisfaction.The purpose of this research is to know and analyse the influence of situational leadership style, job motivation, and job satisfaction on the teacher's performance, the influence of situasional leadership style and job motivation to the performance of teachers moderated in job satisfaction. The population of this research is the teachers of accredited pre-primary school in Singaraja Cit Bali. The data collection techniques in this research are the observation and distribution of questionnaires. This research uses data analysis methods using SmartPLS software. The results showed that the situational leadership style, job motivation, and job satisfaction affects the teacher’s performance of the accredited pre-primary schools in Singaraja City Bali, and the situational leadership style, and job motivation have no effect the teacher’s performance who are moderated job satisfaction at the pre-primary school accredited in Singaraja City Bali.

References

Adeyemi, T. O. (2010). Principals ’ leadership styles and teachers ’ job performance in senior secondary schools in Ondo State , Nigeria. Journal of Education.

Arifzan. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderating Pada Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Kesatuan Bangsa Politik Dan Perlindungan Masyarakat. Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Bung Hatta.

Diwiyani, D., & Sarino, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Keja Guru Sebagai Determinan Kinerja Guru. Jurnal Manajerial. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9763

Guterres, L. A., & Supartha, W. G. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Hamdani, Nila Kesumawati, Muhammad Kristiawan.(2018).The Influence of Teachers’ Work Motivation and Principals’ Managerial Competence on Teachers’ Performance. Journal Of Humanities And Social Science.23(9):72-76

Husaini, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Situasional terhadap Kinerja Guru MTs Negeri di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta : Penerbit BPFE.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. 200. https://doi.org/10.1039/c5cc07884a

Muhammad Basir.(2014).Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri Kabupaten Wajo.Jurnal Panrita.9(3):442

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, S. D. (2013). Pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, kepimpinan kepada sekolah menurut persepsi guru, dan iklim sekolah terhadap kinerja guru ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri.

Rachmawati, I. K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.

Sutarno Suprayitno &, R. D. S. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Variabel Moderasi (Survei pada Guru PNS di SMP Negeri 1 Jumapolo). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan.

Uno, H. H. B. (2010). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Wahyudi.(2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization).Bandung:Alfabeta.

Published
2020-08-08
How to Cite
Majidah, Y., Rachmawati, I., & Karnawati, T. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14(2), 105-112. https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i2.173