Realitas Keberadaan Pasar Candak Kulak Bagi Perekonomian Masyarakat Di Panggungduwet Kabupaten Blitar

  • Rumanintya Lisaria Putri Universitas Islam Balitar
  • Diana Elvianita Martanti Universitas Islam Balitar
Keywords: Pasar, Candak Kulak, Perekonomian, Paggungduwet

Abstract

Realitas keberadaan Pasar Candak Kulak adalah suatu fenomena yang dapat dilihat secara langsung mulai dari segi kondisi dan keadaan nyata atas adanya Pasar Abstrak yang disebut Candak Kulak di daerah Blitar selatan yakni Panggungduwet. Hal yang lebih spesifik terkait fenomena itu dengan melibatkan kenyataan yang ada dari masyarakat Panggungduwet dimana fokus kenyataan itu dapat ditujukan pada perekonomian. Fokus yang ditujukan pada perekonomian masyarakat Panggungduwet memiliki maksud sebagai tolok ukur dalam menguraikan dan memaparkan atau menggambarkan keadaan Pasar Candak Kulak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan keberadaan Pasar Candak Kulak bagi perekonomian masyarakat di Panggungduwet. Pendekatan yang digunakan pendekatan fenomenologi dalam penelitian kualitatif yang berdasarkan pengalaman pedagang di Panggungduwet pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah ilustrasi terkait pasar “Candak Kulak” mulai dari keberadaan pasar ditengah-tengah masyarakat hingga transaksi di pasar tersebut yang memiliki ciri dengan adanya monopoli harga pasar yang dilakukan oleh tengkulak Jadi, penetapan harga di pasar Panggungduwet ditentukan oleh tengkulak. Saran penelitian ini perlu adanya pasar dikawasan tersebut guna mengurangi monopoli harga, sehingga ekonomi warga terjaga.

References

Ahimsa, Putra. 1988. Minawang: Hubungan Patron Klien di Sulawesi Selatan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Ehrenberg, Ronald G dan Smith, Robert S. 2003. Modern Labor Economics: Theorand Public Policy, Eight Edition. Pearson Education. Inc. New York City.

Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif edisi kedua. Jakarta : Erlangga.

Kausar, Zaman, Komar. 2011. Analisis Hubungan Patron-Klien (Studi Kasus Hubungan Toke Dan Petani Sawit Pola Swadaya Di Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu). Indonesian Journal of Agricultural Economics (IJAE) Volume 2, Nomor 2, Desember 2011.

Koentjaraningrat. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : LP3ES.

Purwanto, dkk. 2012. Keterjeratan Pesanggem Pada Tengkulak di Desa Randualas. KKN NYATA PAR. IAIN Sunan Ampel.

Rukib, M. 2009. Skripsi: Perlawanan Petani Di Sumenep. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : ALFABETA.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. bandung : Remaja Rosdakarya.

Syarbaini, Syahrial. 2003. Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Published
2019-08-22
How to Cite
Putri, R., & Martanti, D. (2019). Realitas Keberadaan Pasar Candak Kulak Bagi Perekonomian Masyarakat Di Panggungduwet Kabupaten Blitar. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 79-88. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.118