HUBUNGAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA MAHASISWA

  • Vina Sofiyanti Universitas Negeri Gorontalo
  • Radia Hafid Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Financial Literacy, Shopping Decision, Economic Education

Abstract

This study aims to measure the relationship between Financial Literacy and Shopping Decisions of Economic Education Students, Class of 2018, Universitas Negeri Gorontalo. This study uses a quantitative approach, with 63 respondents (students) in Economics Education, class 2018. The main instrument is a questionnaire. The data collected are analyzed and tested with a simple linear correlation using the SPPSS 2022. The study result shows a relationship between financial literacy and shopping decisions of economic education students, class 2018, of 0,594 at the point of the correlation coefficient of 0,40 -0,599, which means it has a moderate or relatively strong relationship.  

References

Abdul Rahman, Rahmatia, Nurbayani. (2020). Model Pola Konsumsi Mahasiswa dilihat dari Literasi Keuangan. Forum Ekonomi. 22(2): 165-168

Amanita Novi Yushita, (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Jurnal nominal, 4(1): 11-26

Chen, Haiyang & Volpe, Ronald P, (1998) An Analysis Of Personal Literacy Among Colage Students, Financial Service Riview

Elly Soraya Nurulhuda, Anis Lutfianti. 2020. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan. Kinerja Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2(2): 111 – 134

Faidah, Faridatun. (2019) Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Journal Of Applied Business And Economic, 5(3), 251-263

Ghozali. 2015. Metode penelitian kualitatf dan kuantitafif. Ar-ruzz media Yogyakarta

Hafid, Radia, dan Melizubaida Mahmud. (2021). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga Terhadap Polakonsumsi Masyarakat Nelayan Dimediasi Oleh Literasi Keuangan pada Masyarakat Nelayan Sekecamatan Kabilabone

Hamdani, Maliani (2019). Analisis Tingkat Literasi keuangan dan pengaruhnya terhadap perilaku keuangan pada mahasiswa prodi Manajeman Universitas Terbuka.1(1): 139-145

Iga Martha Dewi, Ida Bagus Anom Purbawangsa. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan serta masa bekerja terhadap prilaku

keputusan investasi. E-jurnal ekonomi dan bisnis Universitas Udayana. 1867-1984

I Wayan Yasa Adi Upadana, Nyoman Trisna Herawati. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Prilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Himanika. 10(2): 126 -135

Jumiati. (2019) Perubahan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Akibat Perkembangan Value Added Telepon Seluler (HP). Skripsi. Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kewal, Sri Mendari. (2013). Tingkat Literasi keuangan dikalangan Mahasiswa STIE Musi. Jurnal Economia, 2(9):130-140

Lisma, Agung, dan Ro’ufah. (2016) Analisis preilaku konsumsi mahasiswa ditinjau dari motif bertransaksi. Jurnal pendidikan ekonomi 1(09):40-45

Mis Alul baroroh, 2019 Pengaruh Literasi keuangan, Gaya hidup, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Perilaku Manajeman Keuangan Santri. Semarang: Program memperoleh gelar sarjana sastra satu

Muhammad Rhendria Dinawan, 2020. Analisis Faktor – faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian . 9 (3): 335-369.

Sahara, Rudi Yanto Batara Silalahi. 2020. Keputusan Belanja Online di Kalangan Mahasiswa Saat Pandemi Covid – 19

Sugiyono, D.(2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif. Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: CV Alfabeta.

Sumarwan Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia. Bogor Widayati, 1. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. Jurnal Akutansi dan Pendidikan.

Suraya sanjaya, 2015. Pengaruh promosi merek terhadap keputusan pembelian pada PT Sinar sosro medan. Jurnal ilmiah manajeman dan bisnis 16 (02):108-11

Published
2022-08-04
How to Cite
Sofiyanti, V., Hafid, R., & Mahmud, M. (2022). HUBUNGAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 336-344. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i2.1046