APAKAH IKLAN TELEVISI MASIH KUAT MEMPERSUASI KONSUMEN DI ERA TEKNOLOGI, KOMUNIKASI, DAN INFORMASI

  • Calvin Sinatra Jusuf malang
  • David Rivaldy Hermanto Universitas Ma Chung

Abstract

Nowadays, more and more companies continuously conduct product innovation in order to survive the market competition. One of the strategy to survive the competition is by advertising. Advertisement can be done through a lot of platform, for instance: television, radio, newspaper, magazine, and online platform. In this technological era, advertisement through television is still preferable. According to research, advertising through television is one of the most effective platform since spending rate due to tv commercials is increasing every single year. But on the other hand, television could also be not the most effective platform due to high advertising cost,  vast segmentation, and unorganized running time. Because of that reason, it should be researched further whether advertising through television is effective or not.

References

Adelaar, Thomas. (2000). “Electronic Commerce and the Implications for Market Structure: The Example of the Art and Antiques Trade,” Journal of Computer-Mediated Communication, 5 (3).

Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Jakarta: Graha Ilmu

Bungin, Burhan. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckman. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Chandra, Gregorius. (2001). Pemasaran Global. ed 1. Yogyakarta: penerbit Andi.

Durianto. Darmadi dkk. (2003). Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fauzi, Achmad. (2017). Belanja Iklan di Media pada 2016 Cappai Rp 134,8 Triliun, 5 Juni 2018. Dari https://ekonomi.kompas.com/read/2017/02/01/201241826/belanja.iklan.di.media.pada.2016.capai.rp.134.8.triliun

Gunawan, F. A., & Dharmayanti, D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser terhadap Purchase Itention Pond's Men dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1).

Hariyana, N. (2016). Pengaruh Media Televisi terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Produk Iklan di Wilayah Eks Karisidenan Besuki Jawa Timur. Jurnal FEB UNEJ, I.

Huda, K. (2013). Pengaruh Tayangan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, II.

Indriarto, Fidelis. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. No. 3, hal 243-268.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaattan E-Commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, VI.

Junaedi, Fajar. (2013). Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Lamb, Hair dan Mc Daniel. 2001. Pemasaran Jilid Satu. Ahli Bahasa David Octarevia. Jakarta: Salemba Empat.

Lapan, Hartono. (2016). Kelebihan dan Kelemahan Iklan Televisi Sebagai Media Periklanan. Go Marketing Strategic.com, 5 Juni 2018. Dari https://www.gomarketingstrategic.com/2016/07/kelebihan-dan-kelemahan-iklan-televisi.html

Lubis, Mia. (2017). Belanja Iklan Tumbuh Perlahan. Nielsen.com, 13 September 2017. Dari http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2017/BELANJA-IKLAN-TUMBUH-PERLAHAN.html

Micom, Ro. (2017). Survei Nielsen: Masyarakat Indonesia Makin Gemar Internetan, 13 Sepember 2017. Dari http://mediaindonesia.com/read/detail/114722-survei-nielsen-masyarakat-indonesia-makin-gemar-internetan

Mujiyana, & Elissa, I. (2013, September). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Internet Pada Toko Online. Jurnal TI Undip, VIII(3).

Priyatna, Iwan. (2016). Belanja Iklan Media “Online” Pada Semester I-2016 Naik 66 Persen, 5 Juni 2018. Dari https://ekonomi.kompas.com/read/2016/08/18/190000626/belanja.iklan.media.online.pada.semester.l-2016.naik.66.persen.

Puspitasari, Intan. (2009). Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Pembentukan Brand Awareness. Tesis. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Situmorang, James. R. (2008). Mengapa Harus Iklan. Jurnal Administrasi Bisnis. IV, No. 2, hal 188-200.

Sufa, F., & Munas, B. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayanggan Iklan terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap. Diponegoro Journal Of Management, I(1), 226-233.

Social, Daily. (2014). Segmen Iklan Digital di Indonesi Diperkirakan Capai 8,8% Total Market Share Tahun 2017, 5 Juni 2018. Dari https://dailysocial.id/post/segmen-iklan-digital-di-indonesia-diperkirakan-capai-88-total-market-share-tahun-2017

Stats, Internet World. (2018). Usage and Population Statistic, 5 Juni 2018. Dari https://www.internetworldstats.com/

Sunarti, Yulianto, E., & Khusnaeni , N. L. (2017, Jnui). Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47(2).

Sutisna. (2003). Prilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swastha, B dan Irawan. (2004). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: CV. Andi Offiset.

Wells, W., Moriarty, S. and Burnett, J. (2006). Advertising: Principles & Practice, 7th ed.

Wibowo, S. F., & Karimah , M. P. (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1).

Widyatama, Rendra. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.

Qolby, U.S. (2014). Pengaruh Iklan Terhadap Konsumen (Survei pada Pengunjung yang Pernah Bermain Game Pro Evolution Soccer di Flux Capital Of Entertaiment Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 10(1).

Zulsufiyani, R., & Rusni. (2015, September). Iklan di Televisi dan Keputusan Membeli Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Simbolika , 1(2).

Published
2019-05-03
How to Cite
Jusuf, C., & Hermanto, D. (2019). APAKAH IKLAN TELEVISI MASIH KUAT MEMPERSUASI KONSUMEN DI ERA TEKNOLOGI, KOMUNIKASI, DAN INFORMASI. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 37-45. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.100