PENGARUH DISIPLIN KERJA, KUALITAS HIDUP & MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. KOMPAKINDO MEDIA DEWATA

Authors

  • Ali Rosari Sodikin Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Mohammad Maskan Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Yunus Handoko Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jubis.v5i1.2260

Keywords:

disiplin kerja, kualitas hidup, motivasi, kinerja, kompakindo media dewata

Abstract

Keberadaan PT. Kompakindo Media Dewata sebagai lembaga pelatihan di Indonesia bukanlah satu-satunya, puluhan lembaga pelatihan sudah bermunculan sebelumnya, namun sebagai lembaga training yang masih baru diharapkan PT. Kompakindo Media Dewata tidak kalah dengan lembaga-lembaga pelatihan yang lebih lama dan memiliki pengalaman lebih banyak. Dunia dilanda COVID-19 selama kurang lebih 2 tahun yang membuat mau tidak mau para karyawan harus bekerja secara WFH.

Setelah pandemi berakhir karyawan mau tidak mau harus kembali bekerja secara WFO karena banyak karyawan yang belum siap dalam kondisi ini membuat mereka masih terlambat masuk kerja, mangkir pada saat jam kantor dan kurangnya kedisiplinan pada saat jam kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, kualitas hidup, dan motivasi terhadap kinerja di PT. Kompakindo Media Dewata, baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer melalui kuesioner sebagai metode pengumpulan datanya.

Pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh yang mengambil semua populasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 responden dengan populasi karyawan PT. Kompakindo Media Dewata. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala likert 5 point, dibuat menggunakan Google Forms, dan disebar secara internal perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Kualitas hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Motivasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja. Disiplin kerja, kualitas hidup, dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja di PT. Kompakindo Media Dewata.

References

Dotulong, L., & Assagaf, S. (2015). Pengaruh Disiplin, Motivasi Dan Semangat Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 639–649.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Sodikin, A. R., Maskan, M., & Handoko, Y. (2024). PENGARUH DISIPLIN KERJA, KUALITAS HIDUP & MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. KOMPAKINDO MEDIA DEWATA. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.32815/jubis.v5i1.2260