PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK PGRI 3 MALANG

Authors

  • Septia Putri Indahsari Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Mohammad Bukhori Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Tin Agustina Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jubis.v5i1.2255

Keywords:

kepemimpinan, motivasi kerja, kompetensi guru, kinerja guru

Abstract

Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan pendidikan di Indonesia melalui kinerjanya di sekolah. Seorang guru dituntut senantiasa untuk terus mengasah dan meningkatkan kompetensinya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru guna mendukung kinerjanya sebagai pendidik dan pengajar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penentu keberhasilan pendidikan di Indonesia salah satunya melalui kinerja guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru di SMK PGRI 3 Malang, 2) Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SMK PGRI 3 Malang, 3) Pengaruh keompetensi terhadap kinerja guru di SMK PGRI 3 Malang, 4) Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan kompetensi terhadap kinerja guru di SMK PGRI 3 Malang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan software SPSS. Populasi pada penelitian ini adalah semua guru yang ada di SMK PGRI 3 Malang sejumlah 86 guru dan sampelnya sebanyak 70 guru yang sudah tersertifikasi. Metode pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuisioner yang disebarkan secara manual. Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas), regeresi linear berganda, uji hipotesis (uji t, uji f), dan uji koefisien determinasi (R-Square) untuk menarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan : 1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK PGRI 3 Malang, 2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK PGRI 3 Malang, 3) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK PGRI 3 Malang, 4) Kepemimpinan, motivasi, dan kompetensi berpengaruh simultan terhadap kinerja guru di SMK PGRI 3 Malang.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke Tujuh, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Indahsari, S. P., Bukhori, M., & Agustina, T. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK PGRI 3 MALANG. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.32815/jubis.v5i1.2255