PENGARUH LOKASI USAHA, KEMASAN PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

(Studi Kasus Pada Konsumen Ayam Geprek Pop Chicken Lasem)

Authors

  • Galih Raka Widianto Universitas YPPI Rembang
  • Ming Ming Lukiarti Universitas YPPI Rembang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v5i1.2156

Keywords:

Business location, product packaging, price perception, purchasing decision

Abstract

Abstract: In this research, the problem examined is the influence of business location, product packaging and price perceptions on purchasing decisions for Ayam Geprek Pop Chicken Lasem consumers. The purpose of the researcher taking this title is to find out how big the independent variables are in relation to the dependent variable. In this research, the method that researchers used was accidental sampling as a research method. By using this method the researcher determined the criteria for respondents who could be the sample in this research, namely anyone who happened to meet the researcher could be used as a sample. The technique used in this research consists of multiple linear regression analysis tests using SPSS 23 tools. The results of the research prove that business location has an insignificant positive effect on purchasing decisions, while product packaging and price perceptions have a significant positive effect on purchasing decisions.

 

Keyword : Business location, product packaging, price perception, purchasing decisions

 

Abstrak: Pada penelitian ini permasalahan yang diteliti adalah mengenai pengaruh lokasi usaha, kemasan produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen Ayam Geprek Pop Chicken Lasem. Tujuan mengapa peneliti mengambil judul tersebut adalah untuk mengetahui seberapa besar variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Pada penelitian ini metode yang peneliti gunakan adalah accidental sampling sebagai metode penelitian. Dengan menggunakan metode ini peneliti menetapkan kriteria responden yang dapat menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 23. Hasil penelitian membuktikan bahwa lokasi usaha berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan kemasan produk dan persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Lokasi usaha, kemasan produk, persepsi harga, keputusan pembelian

References

Artanti, Y., & PUSPARINI, Y. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Kemasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pop Mie di Supermarket Giant Wiyung. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 3, 157. https://doi.org/10.26740/bisma.v3n2.p157-171.
Chelviana, K., Made, A., & Iyus, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Toko Modern Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 257–266.
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1 (1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2.
Hergastyasmawan, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Lokasi, Harga, Promosi, Dan Pelayanan) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Perspektif Etika Bisnis Islam Di Warung Ayam Geprek “Preksu” Tahun 2018. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 2(10), 1–25.
Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795.
Kotler, P. dan G. A. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition.
Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1077–1086.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296/33013.
Silvita Agmasari. (2018). No Title. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2018/02/06/185000027/industri-kuliner-penopang-tertinggi-perekonomian-kreatif-di-indonesia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta.
Suherman, A. W., & Hongdiyanto, C. (2021). Pengaruh Promosi, Cita Rasa, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Milkmo. Performa, 5(3), 233–241. https://doi.org/10.37715/jp.v5i3.1774
Asmi. (2019). Apakah Kualitas Produk dan Lokasi Usaha Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM Bidang Kuliner? https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej/article/view/55828/21374
Husaini (2017), Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medanhttps://journal.unimal.ac.id/visi/article/view/309/223.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Widianto, G. R., & Lukiarti, M. M. (2024). PENGARUH LOKASI USAHA, KEMASAN PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: (Studi Kasus Pada Konsumen Ayam Geprek Pop Chicken Lasem). Jurnal Manajemen Dan Profesional, 5(1), 111–121. https://doi.org/10.32815/jpro.v5i1.2156