PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND AWARENESS E-COMMERCE SHOPEE

(Studi kasus: Tukul Arwana)

Authors

  • Wimming Wihartanto Yasin Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v5i1.2138

Keywords:

Brand Ambassador, Brand image, Brand Awareness

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan apakah variabel Brand Ambassador dan Brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness pada e – commerce Shopee. Semua pengguna e-commerce Shopee di kota Palembang termasuk dalam populasi penelitian ini. Sample dalam penelitian ini berjumlah 114 responden yang memenuhi kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan koefisien determinasi (R²) dengan bantuan alat uji SPSS yang digunakan sebagai alat analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Brand Ambassador dan Brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness pada e – commerce Shopee.

References

Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora - Online Graduate Huaminities Journal, 5.
Agustina, G. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. 21-35.
Gultom, S. B., & Sari, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image E-Commerce Shopee The Ifluenced Of Blackpink as Brand Ambassador Toward Brand Image at E-Commerce Platform shopee. 4.
Lailatan, N. B. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 74.
Lestari, H. S., & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian ( Survei Online Pada Konsumen Innisfree Di Indonesia Dan China ). Jurnal Administrasi Bisnis, 65- 68.
Mentari, P. N., Pascarani, N., & Sugiarica, J. I. (2017). Pengaruh Penggunaan Selebriti Endorser Terhadap Brand Awareness Akun Instagram @georgiosstore di Kalangan Siswi SMA Negeri 1 Denpasar.
Muslim, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dan Brand Image Idol K - Pop Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Perusahaan E - commerce Tokopedia ) . 4. Nuraini, P. (2015). Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Band Noah dalam Iklan Vaseline Men Terhadap Keputusan Membeli Produk (Survei terhadap Fans Club Noah “Sahabat Serang”. 14.
Putra, M. I., Suharyono, & Adillah, Y. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian ( Survey Pada Pengguna LINE Di Asia ). 2-4.
Stephani, S., Rachma , P., & Nurfebiaraning. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung Effects of the Use of Dewi Sandra As Wardah Brand Ambassador on the Decision To Purchase Wardah Cosmetics in Bandung. Jurnal Sosioteknologi.
Triana, R., & Nanda, S. E. (2022). Pengaruh Brand Ambassador 'Straykids' Dan E - Wom Terhadap Brand Awareness E - Commerce Shopee Di Kalangan Generasi Millennial. 107.
Wijaya, C. E., Purnawan, N. R., & Pradipta, A. D. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Tokopedia ( Studi Pada Iklan Tokopedia Feat Bts Pada Masyarakat Kota Denpasar ). 3.
Wijaya, Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). 27-35.
Wulandari, C. S., & Asnawati. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo F3 di Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen, 31.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Yasin, W. W. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND AWARENESS E-COMMERCE SHOPEE: (Studi kasus: Tukul Arwana). Jurnal Manajemen Dan Profesional, 5(1), 101–110. https://doi.org/10.32815/jpro.v5i1.2138