EFEKTIVITAS PERUBAHAN ORGANISASI DARI JABATAN STRUKTURAL KE JABATAN FUNGSIONAL PADA DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN PROVINSI JAWA TENGAH

Authors

  • Sandy Hapsaridian Universitas Semarang
  • Yuli Budiati Universitas Semarang
  • Djoko Santoso Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpro.v5i1.1890

Keywords:

Perubahan Organisasi, Struktural Ke Fungsional, Dinas Pertanian dan Pekebunan Provinsi Jawa Tengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi efektivitas perubahan organisasi dari jabatan struktural ke jabatan fungsional pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dengan obsesrvasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dengan verifikasi data, data display, kesimpulan. Hasil penelitian Pengalihan jabatan dari struktural ke fungsional pada pegawai di Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dianggap penting untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, motivasi, dan kepuasan kerja pegawai. Ini juga membantu dalam penyebaran pengetahuan, keterampilan, dan mengurangi birokrasi serta meningkatkan fleksibilitas dalam pengambilan keputusan. Identifikasi masalah dalam pengalihan tersebut dilakukan dengan memerhatikan kesenjangan keterampilan atau pengetahuan yang perlu diatasi serta melibatkan peran pihak terkait, termasuk pimpinan Dinas. Memastikan keberlanjutan pengalihan, membangun jabatan fungsional, menetapkan kriteria kompetensi, pemetaan peran, dan keterlibatan serta persiapan karyawan dalam perubahan jabatan menjadi langkah efektif dalam membangun perubahan jabatan dari struktural ke fungsional di Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Kata kunci : Perubahan Organisasi, Struktural Ke Fungsional, Dinas Pertanian dan Pekebunan Provinsi Jawa Tengah

References

Adibah, I. Z. (2017). Struktural fungsional Robert K. Merton: Aplikasinya dalam kehidupan keluarga. INSPIRASI (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam), 1(2), 171–184.
Afan, I., Lantara, I., & Mathori, M. (2019). Analisis Beban Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Diy (Studi Kasus Jabatan Fungsional Umum). STIE Widya Wiwaha.
Amberi, M., & Syafari, M. R. (2022). Implementasi kebijakan tentang pengangkatan pegawai negeri sipil dalam jabatan fungsional melalui penyesuaian/inpassing di lingkungan pemerintah kabupaten Barito Selatan. PubBis: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 6(1), 1–6.
Diandra, N. (2021). Strategi Pengembangan Kompetensi Umum (Inti, Struktural, Dan Non Struktural) Karyawan Seluruh Direktorat Dan Kompetensi Fungsional Karyawan Direktorat Sdm Pt Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Iv Persero Tahun 2021–2024. PPM Manajemen.
Fauzi, A., Yakup, Y., & Satyawati, T. (2022). Implementasi Penyetaraan Jabatan Administrasi Tenaga Kependidikan ke Jabatan Fungsional. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(1), 39–47.
Fitrian, H. (2018). Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Pada Jabatan Struktural. Uniska.
Fitriana, W. (2013). Pengaruh Koordinasi, Pengawasan dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 63–78.
Fitrianingrum, L., Lusyana, D., & Lellyana, D. (2020). Pengembangan Karier Jabatan Fungsional Dari Hasil Penyetaraan Jabatan Administrasi: Analisis Implementasi Dan Tantangan. Civil Service Journal, 14(1 Juni), 43–54.
Hermawan, R., Kawuriyan, M. W., & Ernawati, D. P. (2023). Analisis Manajemen Perubahan Dan Struktur Organisasi Pasca Alih Jabatan Administrator (Eselon III) Dan Jabatan Pengawas (Eselon IV) Ke Jabatan Fungsional Di Provinsi DKI Jakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 798–808.
Ilsam, I. (2020). Pandangan PustakawanTerhadap Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional Melalui Jalur Inpassing di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Iqbal, M., & Sandria, A. (2020). Penataan Struktur Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 294–309.
Kurniawan, A., & Simandjorang, B. (2020). Utilisasi Jabatan Fungsional Dalam Implementasi Making Indonesia 4.0. Jurnal Kelitbangan Edisi, 3.
PRATAMA, M. U. H. I. (2022). Efektivitas Penyetaraan Jabatan Administrator Pada Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kabupaten Majene. IPDN.
Rakhman, F. A. (2020). Pengalihan Jabatan Struktural Ke Jabatan Fungsional: Suatu Analisa Kompensasi Atas Penghapusan Jabatan Eselon Iii Dan Iv Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur. Jurnal Aparatur, 4(2), 53–66.
Rohman, M. N., & Rismana, D. (2021). Kebijakan Pemangkasan Struktur Birokrasi di Indonesia. Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum Dan Konstitusi.
Saifuddin, S., & Nelliraharti, N. (2022). Implementasi Kebijakan Penyetaraan Jabatan Administrator Dan Pengawas Ke Jabatan Fungsional (Studi Kasus Di Uin Ar-Raniry Banda Aceh). Journal Of Education Science, 8(2), 280–287.
Setiawan, I., Sururama, R., & Nurdin, I. (2022). Implementasi Kebijakan Penyederhanaan Organisasi Di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 2(1), 12–25.
Sihombing, P. R., & Purnomo, B. S. (2022). Pengaruh Perubahan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Jurnal Manajemen Publik Dan Kebijakan Publik (JMPKP), 4(2), 136–151.
Sukamtono, S., Ranihusna, D., & Widyastuti, R. (2022). Perubahan Jabatan: Dampaknya Pada Kinerja Dan Kesejahteraan. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 18(3), 197–216.
Sultan, M. A., Ismail, I., & Aminah, S. (2021). Efektifitas Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Pada Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo. Jurnal Ada Na Gau: Public Administration, 2(1), 549–559.
Susiawati, M. (2021). Penyederhanaan struktur organisasi perangkat daerah untuk mewujudkan birokrasi profesional studi kasus perampingan organisasi perangkat daerah Kabupaten Wonosobo. Jurnal Kediklatan Widya Praja, 1(2).
Sutiyo, S. (2019). Analisis Struktur Organisasi Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia: Kompleksitas, Sentralisasi dan Formalisasi. Jurnal Keamanan Nasional, 5(1), 1–20.
Tumanggor, B. F., & Wibowo, E. K. (2021). Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pasca Implementasi Kebijakan Pengalihan Jabatan Struktural Eselon III, IV dan V ke Jabatan Fungsional di Pemerintah Pusat dan Daerah. Jurnal Sumber Daya Aparatur.
Witari, N. L. P. P. A., & Hartati, P. S. (2022). Pengaruh Prestasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Promosi Jabatan Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 528–540.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Hapsaridian, S., Budiati, Y., & Santoso, D. (2024). EFEKTIVITAS PERUBAHAN ORGANISASI DARI JABATAN STRUKTURAL KE JABATAN FUNGSIONAL PADA DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 5(1), 29–49. https://doi.org/10.32815/jpro.v5i1.1890