PENGARUH INDIKATOR NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL

  • Rahmat Kurnia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Elda Andriani
Keywords: Nilai-Nilai Islam (al-hurriyah, al-musawah, al-‘adalah, as shidq, ar-ridho dan al-kitabah), Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh indikator nilai-nilai Islam (al-hurriyah, al-musawah, al-‘adalah, as-shidq, ar-ridho dan al-kitabah) terhadap kepuasan nasabah pada Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) di Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survey kuisioner (angket) sebagai teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Skala yang digunakan adalah skala likert. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah pada PT. LKMS BMT Almabruk Batusangkar dan KJKS BMT Al Makmur Cubadak di Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik sampel yang penulis gunakan yaitu sampling insidental. Sebanyak 98 kuisioner telah disebar dan data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan SmartPLS (Partial Least Square). Berdasarkan hasil analisa PLS, tidak seluruhnya indikator nilai-nilai Islam berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Baitul Maal Wa Tamwil (BMT). Terdapat empat (4) indikator yang tidak berpengaruh yaitu hurriyah, musawah, ‘adalah dan shidq dan hanya ada dua (2) yang berpengaruh yaitu ridho dan kitabah.

Published
2023-06-01
How to Cite
Kurnia, R., & Andriani, E. (2023). PENGARUH INDIKATOR NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 4(1), 77-91. https://doi.org/10.32815/jpro.v4i1.1701
Section
Artikel